Ahmad, Mubarrok (2012) Pemikiran Zakiah Daradjat Mengenai Pembinaan Moral Remaja Indonesia. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (222kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (105kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (158kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (198kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (55kB) |
|
Text
Cover.doc Download (303kB) |
|
Text
DaPus.doc Download (99kB) |
|
Text
Lampiran Skripsi.docx Download (59kB) |
Abstract
Perkembangan jiwa agama remaja sangat bergantung pada kondisi emosi remaja yang tidak stabil dan dipengaruhi pula oleh pertumbuhan kecerdasan remaja. Perasaan remaja terhadap Tuhan tidak sama kuatnya setiap waktu, akan tetapi bergelombang-gelombang. Keyakinan remaja atas sifat Tuhan berubah-ubah sesuai dengan situasi emosinya dan remaja mengalami suatu keyakinan yang maju mundur. Pembinaan moral melalui proses pendidikan sejak dini terutama dalam lingkungan keluarga berarti menanamkan nilai-nilai moral kepada anak sehingga terjalin dalam pribadinya, kemudian membentuk sikap, serta menjadi pengendali tingkah lakunya. Dalam usahanya memenuhi kebutuhan sehari-hari, akan dipenuhi remaja dengan jalan yang tidak melanggar hukum-hukum agama/moral. Oleh karena itu, upaya pembinaan moral memiliki dampak yang positif terhadap perkembangan jiwa agama remaja. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kita semua. Rumusan masalah: (1) Bagaimanakah konsep pembinaan moral menurut Zakiah Daradjat? (2) Bagaimanakah perkembangan jiwa agama remaja menurut Zakiah Daradjat? (3) Bagaimanakah pembinaan moral terhadap perkembangan jiwa agama remaja? Tujuan kajian untuk mengetahui: (1) Konsep pembinaan moral menurut Zakiah Daradjat, (2) Perkembangan jiwa agama remaja menurut Zakiah Daradjat, (3) Pembinaan moral terhadap perkembangan jiwa agama remaja. Kajian ini menggunakan metode pola penelitian kepustakaan dengan teknik analisis deskriptif. Dalam pengumpulan data yang maksimal, penelitian ini menerapkan metode dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deduksi, induksi dan komparasi. Adapun kesimpulan dari kajian ini adalah: 1) Moral merupakan perbuatan yang didasarkan pada ajaran agama dan unsur sosial budaya yang diakui sebagai kebenaran dalam masyarakat yang dilakuakan dengan penuh kesadaranpribadi yang bersangkutan. Menurut Zakiyah Daradjat, pembinaan moral dapat dilakukan melalui dua hal, yaitu: Pertama, melalui pendidikan dalam keluarga (rumah tangga), sekolah dan masyarakat. Kedua, melalui proses pembinaan kembali. 2) Masa remaja adalah masa yang penuh dengan kegoncangan jiwa sebagai akibat dari pertumbuhan fisik dan perkembangan mentalnya. Perkembangan jiwa agama remaja sangat bergantung pada keadaan emosi remaja yang tidak stabil dan dipengaruhi oleh pertumbuhan kecerdasannya. Keyakinan remaja atas sifat-sifat Tuhan berubah-ubah sesuai dengan situasi emosinya dan remaja mengalami suatu keyakinan yang maju-mundur. 3) Upaya pembinaan moral terhadap perkembangan jiwa keagamaan remaja yaitu menanamkan nilai-nilai moral kepada anak sehingga terjalin kuat dalam pribadinya dan mampu menjadi pengendali sikap dan tingkah lakunya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 07:34 |
Last Modified: | 09 Mar 2015 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1323 |
Actions (login required)
View Item |