UPAYA MAJLIS TAKLIM ILMU TAUHID DALAM MENCAPAI KETENANGAN JIWA TERHADAP JAMAAHNYA (Fenomena di Dusun Ngibak Desa Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)

NUR MUHAMMAD, 1733143075 (2019) UPAYA MAJLIS TAKLIM ILMU TAUHID DALAM MENCAPAI KETENANGAN JIWA TERHADAP JAMAAHNYA (Fenomena di Dusun Ngibak Desa Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Upaya Majlis Taklim Ilmu Tauhid Dalam Mencapai Ketenanangan Jiwa Terhadap Jamaah (Fenomena Di Dusun Ngibak Desa Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Nur Muhammad, NIM. 1733143075, dosen pembimbing Ahmad Sauqi, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Majlis Taklim Ilmu Tauhid, Ketenangan Jiwa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena ketenangan jiwa yang dirasakan jamaah majlis taklim ilmu tauhid karena pemahaman keilmuan tentang mengenal dzat yang disembah yakni faham ngerti weruh pada dzat yang dinamakan Allah. Menurut pandangan umat muslim pada umumnya, seseorang tidak mungkin bisa melihat atau bertemu tuhan di dunia ini. Akan tetapi dalam majlis taklim ini, meyakini bahwa mengenal tuhan secara nyata adalah kewajiban pertama yang harus dilakukan. . Adapun pertanyaan dalam penelitian ini adalah: 1) Apa yang diajarkan dalam Majlis Ta’lim ilmu Tauhid pada jamaahnya dalam mencapai ketenangan jiwa, 2) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam mencapai ketenangan jiwa pada Jamaah Majlis Ta’lim Ilmu Tauhid, 3) Apa saja faktor yang mempengaruhi upaya majelis taklim ilmu tauhid pada jamaahnya dalam meningkatkan ketenangan jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan, 1) ajaran yang diajarkan dalam Majlis Ta’lim ilmu Tauhid pada jamaahnya dalam mencapai ketenangan jiwa, 2) metode yang dilakukan dalam mencapai ketenangan jiwa pada Jamaah Majlis Ta’lim Ilmu Tauhid, 3) faktor yang mempengaruhi upaya majelis taklim ilmu tauhid pada jamaahnya dalam meningkatkan ketenangan jiwa Dalam penyusunan penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode wawancara mendalam semi terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles & Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa: 1) Yang diajarkan dalam majlis taklim ilmu tauhid adalah ilmu tauhid yang mencakup tentang syariat tarekat hakikat makrifat. keempat itu harus utuh tidak boleh dipisah pisah. Ilmu tersebut bertujuan semata-mata untuk Mentauhidkan Allah Swt. sedangkan ketenangan jiwa dirasakan sebagai akibat seseorang kenal dengan dzat yang bernama Allah 2) upaya yang digunakan adalah dengan pengajian yang sederhana, yakni membaca, mendengarkan, dan memahami apa yang diajarkan oleh guru. Ada metode khusus yang disebut Sirian, yakni seorang mursyid memberikan ilmu rahasia berupa ilmu mukasyafah terhadap para jamaah secara rahasia, serta diijazahi cara berdzikir hakikat. (3) faktor yang mendukung ketenangan jiwa yakni kesediaan jamaah untuk mengaji secara sungguh-sungguh dan istiqomah. sebaliknya faktor yang menghalangi ketenangan jiwa, yakni tidak mau mengaji, tidak kenal tauhid secara mendalam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 1733143075 NUR MUHAMMAD
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:46
Last Modified: 05 Sep 2019 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item View Item