Syaifurridho, Moh. Robet (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
ABSTRAK robet.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
الملخص1ddd.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kelas V Di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung dalam pembelajaran Matematika yang masih rendah terutama pada pokok bahasan penjumlahan bilangan pecahan. Hal ini disebabkan karena ketidaksukaan siswa pada mata pelajaran matematika yang selalu menuntut untuk terus berfikir dan berhitung. Selain itu juga karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Guru kurang kreatif dan inofatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif untuk mengikuti proses pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran kelompok yang berpusat pada siswa (student center), jadi siswa akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan pecahan biasa dan pecahan campuran siswa kelas V Di MI Thoriqul Huda Kromasan, Ngunut, Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan pecahan biasa dan pecahan campuran siswa kelas V Di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Tujuan dalam penulisan skripsi ini, yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan pecahan biasa dan pecahan campuran siswa kelas V Di MI Thoriqul Huda Kromasan, Ngunut, Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan pecahan biasa dan pecahan campuran siswa kelas V Di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala MI Thoriqul Huda, sebagai pertimbangan pengambilan kebijaksanaan dalam upaya peningkatan kualitas xvii pembelajaran. Bagi guru MI Thoriqul Huda, sebagai bahan pertimbangan untuk upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas, terutama dalam hal model pembelajaran. Bagi siswa MI Thoriqul Huda, sebagai bahan kajian dan motivasi untuk meningkatkan prestasi. Bagi pembaca, sebagai bahan masukan, dan referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Proses pelaksanaan penelitian ini meliputi: 1) tahap perencanan (plan), 2) tahap pelaksanaan (act), 3) tahap observasi (observe), dan 4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Matematika siswa kelas V Di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Sedangkan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Matematika, keadaan siswa dan guru, dan respon siswa selama proses pembelajaran. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas V Di MI Thoriqul Huda Kromasan, Ngunut, Tulungagung. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari awal pre test hingga siklus II yaitu, nilai rata - rata siswa pada saat pre test (32,22), dengan persentase ketuntasan belajar (11,11%), post test siklus I (63,88), dengan persentase ketuntasan belajar (47,11 %), post test siklus II (86,66), dengan persentase ketuntasan belajar (83,33 %). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan pecahan siswa kelas V Di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Nov 2014 03:39 |
Last Modified: | 05 Nov 2014 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/133 |
Actions (login required)
View Item |