SITI ISTANIROH, 1724143230 (2019) PROFIL BERPIKIR LOGIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI PADA KELAS X-MIA 4 DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil berpikir logis dalam menyelesaikan soal trigonometri pada siswa kelas X di SMAN 1 Campurdarat” yang ditulis oleh Siti Istaniroh, NIM. 1724143230, ini dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Berpikir Logis, Trigonometri, Kemampuan Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan pemahaman konsep merupakan syarat mutlak dalam mencapai kebrhasilan belajar matematika. Pelajaran matematika bukanlah pelajaran hafalan tetapi lebih menuntut pemahaman konsep dan aplikasi konsep tersebut. Kemampuan berpikir logis memerankan peranan penting dalam pemahaman dan pembelajaran konsep asbstrak matematika dan untuk memperoleh prestasi yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode tes dan wawancara. Tujuan dari peelitian ini adalah mendiskripsikan profil berpikir logis siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan soal trigonometri pada siswa kelas X di SMAN 1 Campurdarat. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas X MIPA 4 yang diambil berdasarkan hasil tes. Data yang digunakan adalah data hasil tes siswa dan data wawancara dengan siswa. Adapaun tes yang digunakan mencangkup materi identitas trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek penelitian dapat berpikir secara logis dan abstrak. Hal ini sesuai dengan teori perkembangan kognitif Piaget pada tahap operasi formal dimana pemikiran anak cenderung lebih abstrak, idealis dan logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek berkemampuan matematika tinggi memiliki karakteristik kemampuan berpikir logis mampu berpikir secara runtut, dapat memberikan argumennya dalam setiap langkah pemecahan masalah, mampu memberikan kesimpulan dengan tepat; (2) subjek berkemampuan matematika sedang memiliki karakteristik kemampuan berpikir logis mampu berpikir secara runtut, dapat memberikan argumennya dalam setiap langkah pemecahan masalah, mampu memberikan kesimpulan namun kurang tepat; (3) subjek berkemampuan matematika rendah memiliki karakteristik kemampuan berpikir logis mampu berpikir secara runtut, tidak mampu memberikan argumennya dalam setiap langkah pemecahan masalah, tidak mampu memberikan kesimpulan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143230 SITI ISTANIROH |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 06:55 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 06:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13455 |
Actions (login required)
View Item |