SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Trenggalek)

YUMNAN ABADI, 1760115027 (2019) SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena terhadap pelaksanaan supervisi pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Upaya ke arah ini salah satunya dapat terwujud dengan adanya pelaksanaan supervisi. Kepala madrasah sebagai pemimpin berkewajiban untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru, khususnya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif. Kepala madrasah memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan sebuah proses pendidikan. Kepala madrasah tentu harus memenuhi kompetensi dan persyaratan lain sesuai dengan aturan yang ada. Selain itu kepala madrasah harus memiliki kemampuan kreatif dan inovatif agar dalam melaksanakan tugasnya lebih maksimal. Fokus dan pertanyaan penelitian dalam penulisan disertasi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan supervisi pembelajaran Kepala Madrasah di MAN 1 Trenggalek dan MAN 2 Trenggalek?; (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi pembelajaran kepala madrasah di MAN 1 Trenggalek dan MAN 2 Trenggalek?; (3) Bagaimana evaluasi supervisi pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN 1 Trenggalek dan MAN 2 Trenggalek? Disertasi ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan dan mampu memberikan sumbangan pemikiran dalam memperkaya wawasan konsep dan teori yang berkaitan dengan kajian supervisi pembelajaran serta meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas lulusan dan membantu guru untuk melaksanakan tugas secara profesional. Manfaat secara praktis bagi penulis diharapkan dapat menambah wawasan pola pikir, sikap, dan pengalaman yang baru sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini, penulis dapat menyimpukan bahwa (1) perencanaan supervisi pembelajaran mengacu hasil rapat dinas di awal tahun pelajaran baru di kantor kemenag sebagai program kerja kepala madrasah dan program supervise dan dilakukan langkah-langkah mulai dari menyusun draf, jadwal, pelaksanaan, dan evaluasi. Program supervisi kepala madrasah meliputi supervisi akademik dan manajerial; (2) pelaksanaan supervisi pembelajaran disesuaikan dengan rencana yang dituangkan dalam program supervisi dengan menggunakan prinsip-prinsip serta teknik dan pendekatan dalam supervisi, serta mengacu kepada strategi supervisi pembelajaran baik dari perumusan program, pelaksanaan dan evaluasi juga berdampak terhadap kompetensi profesionalisme guru; (3) evaluasi supervisi pembelajaran dibuat berdasarkan catatan-catatan dari format kunjungan kelas berupa umpan balik dan tindak lanjut dan diarahkan pada bantuan profesional,pengembangan, dan pembinaan guru. ABSTRACT Research in this dissertation is motivated by a phenomenon to the implementation of supervision of learning in order to improve the quality of education.Efforts in this direction one of them can be realized with the implementation of supervision. The head of the madrasah as a leader is obliged to improve the performance and professionalism of teachers especially in implementing an effective learning process. The headmaster of the madrasah must meet the competence and other requirements in accordance with existing rules. In addition, the head of the madrasah must have creative and innovative skills in order to carry out their duties to be more leverage. Focus and research questions in writing this dissertation are: (1) How to Plan Learning Supervision of Head Master at MAN 1 Trenggalek and MAN 2 Trenggalek?; (2) How to Implementation Learning Supervision of Head Master at MAN 1 Trenggalek and MAN 2 Trenggalek?; (3) How to Evaluation Learning Supervision of Head Master in improving The Quality of Learning at MAN 1 Trenggalek and MAN 2 Trenggalek? This dissertation is useful for the development of science education and able to contribute thoughts in enriching concept and theoretical insights relating to the study of supervision of learning and improving the quality of education and the quality of graduates, helping teachers to carry out their duties professionally.The practical benefits for the writer is expected to add insight into new ways of thinking, attitudes and experience as an effort to improve quality in learning. From the results of this study, the authors can conclude that: (1) planning supervision principal learning referring to the result of the official meeting at the beginning of the new school year at the office of the Ministry of Religious Affairs that the headmaster work program and the supervision program, and carried out the steps ranging from drafting, schedule, implementation and evaluation. Madrasah head supervision programs include academic and managerial supervision (2) the implementation of supervision of learning is adjusted to the plan set forth in the supervision program by using the principles and techniques and approaches in supervision, and referring to the strategy of supervision of learning both from the formulation of the program, implementation and evaluation also impact on the competence of teacher professionalism; (3) evaluation of learning supervision is made on the basis of records of the class visit format, in the form of feedback and follow-up and directed at professional assistance, teacher development and development. Kata Kunci : Supervisi Pembelajaran, Mutu Pembelajaran

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2019 09:13
Last Modified: 11 Feb 2022 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13528

Actions (login required)

View Item View Item