Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V MIN Rejotangan Tulungagung (Penelitian Tindakan Kelas di MIN Rejotangan Tulungagung)

Rohmah, Ni'matur Rohmah (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V MIN Rejotangan Tulungagung (Penelitian Tindakan Kelas di MIN Rejotangan Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI NI'MATUR ROHMAH.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NI'MATUR ROHMAH.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI NI'MATUR ROHMAH.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP NI'MATUR ROHMAH.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rohmah, Ni’mah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V MIN Rejotangan Tulungagung (Penelitian Tindakan Kelas di MIN Rejotangan Tulungagung). Skripsi, Jurusan PGMI, Fakultas FTIK, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Eny Setyowati, MM. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas V MIN Rejotangan Tulungagung dan untuk memaparkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pesawat sederhana siswa kelas V MIN Rejotangan Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas atau action research. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan atau observasi, wawancara dan pelaksanaan tes pada isi naskah drama di setiap akhir pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan satu siklus, yang terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus itu terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan (planning), pelaksana tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan di MIN Rejotangan Tulungagung, pada siswa kelas V (lima) yang berjumlah 24 siswa, semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model jigsaw pada mata pelajaran IPA kelas V (lima) pada siklus 1 peningkatan mulai pre test, post test. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 47,708 (pre test), meningkat menjadi 82,75 (post test siklus1). Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa. Peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar dengan Kriteria Ketuntasa Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 78. Terbukti pada hasil pre test, dari 24 siswa yang mengikuti tes, ada 4 siswa yang tuntas belajar dan 20 siswa yang tidak tuntas belajar. Dengan persentase ketuntasan belajar 16,67%. Meningkat cukup signifikan pada hasil post test siklus 1, dari 24 siswa yang mengikuti tes, ada 20 siswa yang tuntas belajar dan 4 siswa yang tidak tuntas belajar. Dengan persentase ketuntasan belajar 83, 33%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana di kelas V MIN Rejotangan Tulungagung dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Ni'matur Rohmah
Date Deposited: 05 Aug 2015 02:18
Last Modified: 05 Aug 2015 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item View Item