PENGARUH KOMPETENSI INTI PAI (SIKAP SPIRITUAL, SIKAP SOSIAL, PENGETAHUAN, DAN KETRAMPILAN) TERHADAP LIFE SKILL SISWA DI SMP ISLAM SE-KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

KHUSNUL KHOTIMAH, 17506164037 (2019) PENGARUH KOMPETENSI INTI PAI (SIKAP SPIRITUAL, SIKAP SOSIAL, PENGETAHUAN, DAN KETRAMPILAN) TERHADAP LIFE SKILL SISWA DI SMP ISLAM SE-KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (713kB)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Kompetensi Inti PAI (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan ketrampilan) terhadap Life Skill siswa di SMP Islam Se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Khusnul Khotimah dengan di bimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd Kata Kunci: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, ketrampilan, Life Skill Arus globalisasi dunia sangat berdampak pada penurunan pendidikan moral anak bangsa khususnya di Indonesia. Pendidikan mutakhir yang dicanangkan pemerintah ialah pendidikan yang berbasis pada pembentukan karakter (character building) dan kompetensi (skill). Sehingga muncullah kebijakan pemerintah untuk merubah kurikulum pendidikan dari kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013. Pendidikan yang ditanamkan dalam kurikulum 2013 tidak hanya memprioritaskan kualitas kognitif. Lebih dari itu, pendidikan lebih menekankan pada sikap dan ketrampilan. Sehingga, siswa diharapkan mampu memiliki hard skill dan soft skill yang seimbang. Dengan melibatkan ketiga unsur tersebut, pendidikan pada kurikulum 2013 diharapkan mampu menjembatani peserta didik untuk memiliki life skill sesuai jenjang pendidikannya. Salah satu tujuannya yaitu untuk membekali peserta didik supaya kelak mereka mampu menghadapi kehidupan di masa yang akan datang baik secara aktif, kreatif, maupun proaktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) adanya pengaruh positif dan signifikan antara sikap spiritual (KI-1) terhadap life skill siswa di SMP Islam Se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung (2)adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap sosial (KI-2) terhadap life skillsiswa di SMP Islam Se-Kecamatan KedungwaruKabupaten Tulungagung (3) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan (KI-3) terhadap life skillsiswa di SMP Islam Se-Kecamatan KedungwaruKabupaten Tulungagung (4) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara ketrampilan (KI-4) terhadap life skillsiswa di SMP Islam Se-Kecamatan KedungwaruKabupaten Tulungagung (5) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2) terhadap life skill siswa di SMP Islam Se-Kecamatan KedungwaruKabupaten Tulungagung (6) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap sosial (KI-2) dan pengetahuan (KI-3) terhadap life skillsiswa di SMP Islam Se-Kecamatan KedungwaruKabupaten Tulungagung (7) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan (KI-3) dan ketrampilan (KI-4) terhadap life skillsiswa di SMP Islam Se-Kecamatan KedungwaruKabupaten Tulungagung (8) adanya pengaruh secara simultan antara sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan ketrampilan terhadap life skillsiswa di SMP Se-Kecamatan KedungwaruKabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 lembaga sekolah. Kemudian dengan teknik cluster sampling dipilih 3 lembaga sekolah. Pengambilan populasi didasarkan pada teknik sampel jenuh sebanyak 182 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap spiritual terhadap life skill siswa di SMP Islam Se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung sebesar 5.6%. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap sosial terhadap life skill siswa di SMP Islam Se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung sebesar 2.2%. (3) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan terhadap life skill siswa di SMP Islam Se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. (4) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara ketrampilan terhadap life skill siswa di SMP Islam Se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. (5) Adapengaruh yang positif dan signifikan antara sikap spiritual dan sikap sosial terhadap life skill siswa di SMP Islam Se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung sebesar 7%. (6) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap sosial dan pengetahuan terhadap life skill siswa di SMP Islam Se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. (7) Tidakada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan dan ketrampilan terhadap life skill siswa se-Kecamatan Kedungwaru Tulungagung. (8) Adapengaruh yang simultan antara sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan ketrampilanterhadap life skill siswa se-Kecamatan Kedungwaru Tulungagung sebesar 7.2%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tesis 17506164037 khusnul khotimah
Date Deposited: 28 Oct 2019 07:55
Last Modified: 28 Oct 2019 07:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13639

Actions (login required)

View Item View Item