ANALISIS LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP RATING OBLIGASI SYARIAH (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

ILMA MUFIDATUL LUTFIANA, 12508174028 (2019) ANALISIS LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP RATING OBLIGASI SYARIAH (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Analisis Leverage, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Rating Obligasi Syariah (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)” ini ditulis oleh Ilma Mufidatul Lutfiana dengan Pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. dan Dr. Kutbuddin Aibak, M.H.I. Kata Kunci : Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Rating Obligasi Syariah. Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh rating obligasi syariah yang menjadi salah satu cerminan dari kegiatan di pasar modal secara umum. Peringkat/rating obligasi yang baik tercermin dari laporan keuangan perusahaan, apabila kinerja perusahaan membaik maka peringkat/rating akan naik sehingga para investor tertarik menanamkan modalnya. Ada beberapa cara untuk mengukur kinerja perusahaan dalam rating obligasi yaitu dengan leverage, likuiditas, dan profitabilitas. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh signifikan leverage terhadap rating obligasi syariah pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017? 2) Apakah ada pengaruh signifikan likuiditas terhadap rating obligasi syariah pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017? 3) Apakah ada pengaruh signifikan profitabilitas terhadap rating obligasi syariah pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017? 4) Apakah secara simultan ada pengaruh signifikan leverage, likuiditas, dan profitabilitas terhadap rating obligasi syariah pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk pengetahuan, referensi serta bukti empiris di bidang pasar modal syariah dan berkaitan dengan manajemen keuangan syariah maupun manajemen investasi syariah khususnya. Penelitian ini juga dapat dijadikan tambahan bukti empiris untuk mendukung hasil-hasil penelitian sebelumnya tentang pengaruh leverage, likuiditas, dan profitabilitas terhadap rating obligasi syariah yang masih terdapat inkonsistensi hasil. Penerapan secara nyata dari penelitian ini dapat dilakukan oleh beberapa pihak yang terlibat dalam pasar modal. Bagi investor penelitian ini dapat membantu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap leverage, likuiditas, dan profitabilitas sebagai faktor yang mempengaruhi rating obligasi syariah, selain itu informasi dari penelitian ini juga dapat digunakan sebagai alat analisis tambahan dalam mengambil keputusan investasi secara tepat, khususnya dalam pemilihan perusahaan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap rating obligasi syariah. 2) Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap rating obligasi syariah. 3) Profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan. 4) Secara simultan menunjukkan Leverage, Likuiditas, dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap rating obligasi syariah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12508174028 ILMA MUFIDATUL LUTFIANA
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:22
Last Modified: 31 Oct 2019 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13670

Actions (login required)

View Item View Item