Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (2018) HKI: STRATEGI PUBLIC RELATIONS PESANTREN SIDOGIRI DALAM MEMBANGUN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. EC00201853091.
|
Text
sertifikat_HKI chusnul Sidogiri.pdf Download (768kB) | Preview |
Abstract
Artikel ini membahas tentang Eksistensi lembaga pendidikan Islam, khususnya pesantren Sidogiri yang mampu bertahan hingga saat ini, tidak bisa dipungkiri salah satu penyebabnya adalah berjalannya public relations di lingkungan pesantren tersebut. Walaupun keberadaan public relations di pesantren Sidogiri secara formal tidak ada, namun fungsi public relations berjalan dengan alamiah melalui jaringan alumni, di samping kharisma para kiai dan pendirinya. Dalam membangun citra pondok pesantren, strategi public relations yang dipilih tidak dilakukan dengan kegiatan publikasi secara terang-terangan,melalui khidmah. Proses public relations dimulai dari how to integrate, how to inform, how to perfome, dan how to persuade, baru kembali lagi ke how to integrate. Cara public relations seperti ini bersifat circle sehingga terintegrasi. Pelaksanaan public relations pondok pesantren salafiyah ini, secara otomatis akan membangun citra positif pondok pesantren di hadapan publik, walaupun tidak bisa dipungkiri citra positif pondok pesantren terbangun tidak terlepas dari tokoh pendirinya yang kharismatik atau personal branding.
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | Artikel Dosen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dr., M.Ag 197512112002122001 CHUSNUL CHOTIMAH |
Date Deposited: | 28 May 2020 10:19 |
Last Modified: | 28 May 2020 10:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13698 |
Actions (login required)
View Item |