RAHMATUL KHUSNA, 17210153008 (2019) IMPLEMENTASI K 13 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (187kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (264kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (145kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi K-13 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Rahmatul Khusna, NIM. 17210153008, pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd.. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi kurikulum 2013 (K-13) yang kurang tepat. Tujuan K-13 yang seharusnya menjadi kurikulum yang mutakhir dan yang paling sempurna, akan tetapi mengalami pro dan kontra. Pihak pro menganggap K-13 dianggap mampu menjawab tatantangan zaman. Sedangkan kontra berasal dari masalah kurangnya pemahaman guru mengenai K-13 di mana mereka sering mengabaikan pendekatan saintifik yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengomunikasikan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) implementasi K-13 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMPN 1 Sumbergempol (2) problematika yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan K-13 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (3) solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika yang dihadapi dalam mengimplementasikan K-13 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi K-13 dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol, serta menyebutkan problematika yang muncul beserta solusi yang dilakukan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan triangulasi dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengambil data berupa gambaran pembelajaran bahasa Indonesisa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol.. Sementara itu, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengambil data pendukung mengenai problematika implementasi K-13 dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan solusi yang dilakukan, serta mengambil dokumen berupa RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran yang telah diobservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi K-13 dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih terdapat kekurangan. Kekurangan tersebut terdapat pada pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kurang tepat. Selain itu, muncul problematika berupa kurangnya sarana dan prasarana, latar belakang siswa yang berbeda, penerapan zonasi, dan bobot pelajaran semakin sulit. Untuk menghadapi problematika tersebut, guru memberikan solusi berupa pemanfaatan media lain selain LCD proyektor, pelaksanaan pembelajaran di laboratorium, dan penerapan pembelajaran secara berkelompok.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210153008 RAHMATUL KHUSNA |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 07:51 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 07:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13707 |
Actions (login required)
View Item |