Nilai-Nilai Ibadah Shalat 5 (Lima) Waktu Ditinjau dari Pendidikan Islam

Evi Ni’matun, Nada (2010) Nilai-Nilai Ibadah Shalat 5 (Lima) Waktu Ditinjau dari Pendidikan Islam. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I efi nada.doc

Download (80kB)
[img] Text
BAB II efi Nda.doc

Download (130kB)
[img] Text
BAB III efi nada.doc

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV EVI NILAI-NILAI IBADAH.doc

Download (180kB)
[img] Text
BAB V Penutup.doc

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (35kB)
[img] Text
hal depan evi.doc

Download (112kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (73kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: nilai-nilai ibadah shalat 5 (lima) waktu, pendidikan Islam. Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa umat Islam dalam mengerjakan ibadah shalat masih belum mencapai tujuan-tujuan ajaran Islam, terutama tujuan shalat itu sendiri. Terbukti dalam kehidupan sehari-hari masih banyak diketemukan kemungkaran dan kemaksiatan, terutama rendahnya moral dan kenakalan remaja. Rumusan masalah dalam kajian ini adalah: 1. Bagaimana kedudukan shalat dalam Islam? 2. Bagaimana nilai-nilai ibadah shalat 5 (lima ) waktu ditinjau dari pendidikan Islam? Tujuan penelitian dalam kajian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan kedudukan shalat dalam Islam. 2. Untuk mendeskripsikan nilai-nilai ibadah shalat 5 (lima ) waktu ditinjau dari pendidikan Islam. Manfaat skripsi ini bagi penulis untuk menambah wawasan pengetahuan tentang kedudukan dan nilai-nilai ibadah shalat 5 (lima) waktu ditinjau dari pendidikan Islam. Bagi para pembaca, di harapkan dapat menjadi acuan dalam kajian-kajian mengenai pendidikan Islam, khususnya yang berkaitan dengan eksistensi shalat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah menggunakan “library reseach” atau telaah pustaka. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan dalam pengumpulan data digunakan metode dokumentasi, dan metode analisis data yang digunakan adalah induksi, deduksi, dan komparasi. Dari kajian tersebut diperoleh bahwa shalat merupakan ibadah pokok dalam Islam dan termasuk rukun Islam kedua setelah syahadat yang menempati posisi terpenting di samping ibadah-ibadah pokok lainnya. Shalat dalam Islam merupakan ibadah terpenting karena mengingat perintah shalat tersebut disampaikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW secara langsung tanpa perantara yang dikenal dengan peristiwa isra’ mi’raj, dan dengan shalat agama Islam bisa berdiri tegak. Ditinjau dari pendidikan Islam dalam shalat terdapat berbagai nilai-nilai yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan nilai-nilai tersebut harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar seorang muslim atau peserta didik dapat beribadah kepada Allah dengan khusyu’ dan ikhlas. Sedangkan nilai-nilai shalat ditinjau dari pendidikan Islam yaitu nilai religius, psikologis, fisiologis, medis, sosial dan moral.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:14
Last Modified: 25 Mar 2015 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item