REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII MTS NEGERI 6 BLITAR

RANI NI’MATUL CAHAYA, 17204153039 (2019) REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII MTS NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (896kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Sistem Persamaan Dua Variabel Dikelas VIII MTs Negeri 6 Blitar” ini ditulis oleh Rani Ni’matul Cahaya, NIM. 17204153039, pembimbing Dr Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, tingkat kemampuan matematika siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang terlatih dalam menyelesaikan soal matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, selain itu siswa menjawab soal yang diberikan dengan jawaban yang sama persis seperti contoh yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan soal matematika yang dihadapi membutuhkan pemikiran dan pemahaman konsep matematika yang baik.Salah satu contohnya dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linier dua variabel, siswa memerlukan kemampuan representasi matematis yang baik dalam menyelesaikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah ( 1 ) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berkemampuan tinggi pada materi sistem persamaan dua variabel dikelas VIII MTs Negeri 6 Blitar. ( 2 ) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berkemampuan sedang pada materi sistem persamaan dua variabel dikelas VIII MTs Negeri 6 Blitar. ( 3 ) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berkemampuan rendahpada materi sistem persamaan dua variabel dikelas VIII MTs Negeri 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 MTs Negeri 6 Blitar dengan sempel penelitian sebanyak 6 siswa ( 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, 2 siswa berkemampuan rendah). Tehnik pengumpulan data berupa hasil tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilihat dari perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi, dan pemikiran teman sejawat. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa ( 1 ) Kemampuan representasi matematis siswa berkemampuan tinggi mempunyai kemampuan representasi verbal, simbolik dan representasi visual yang tinggi. ( 2 ) siswa berkemampuan sedang mempunyai kemampuan representasi simbolik yang tinggi dan representasi visual dan representasi verbal yang sedang. ( 3 ) siswa berkemampuan rendah mempunyai kemampuan representasi visual yang sedang dan representasi verbal dan simbolik yang rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153039 RANI NI’MATUL CAHAYA
Date Deposited: 12 Nov 2019 07:34
Last Modified: 12 Nov 2019 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13821

Actions (login required)

View Item View Item