Upaya Supervisor dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTsN Langkapan Srengat Blitar

Rizka, Fauziana (2010) Upaya Supervisor dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTsN Langkapan Srengat Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
01. SAMPUL-SAMPUL.doc

Download (578kB)
[img] Text
06. BAB V PENUTUP.doc

Download (27kB)
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (50kB)
[img] Text
02. BAB I PENDAHULUAN.doc

Download (56kB)
[img] Text
03. BAB II KAJIAN PUSTAKA.doc

Download (137kB)
[img] Text
04. BAB III METODE PENELITIAN.doc

Download (56kB)
[img] Text
05. BAB IV LAPORAN HASIL PENELITIAN.doc

Download (23MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh suatu fenomena bahwa dunia pendidikan tidak bisa terlepas dari supervisi pendidikan, sebab ilmu pendidikan terus berkembang yang memberi kemungkinan para guru menjadi tertinggal bila tidak dibantu oleh supervisor. Karena diyakini bahwa kualitas pendidikan nasional bergantung pada kualitas pendidikan disetiap sekolah. Kualitas sekolah bergantung pada kualitas belajar di dalam kelas. Kualitas belajar di dalam kelas bergantung pada kualitas guru. Kualitas guru di sekolah bergantung pada kualitas supervisor. Kualitas guru bergantung pada bagaimana dia didorong, dimotivasi dan dibina komitmen terhadap pekerjaannya, agar guru mengajar menjadi lebih efektif produktif karena rasa loyalitasnya yang tinggi. Pokok bahasan yang manjadi fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs N Langkapan Srengat Blitar? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN Langkapan Srengat Blitar? Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui upaya supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, serta faktor pendukung dan penghambat supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN Langkapan Srengat Blitar. Skripsi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya, serta diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan lebih khususnya lagi pada peningkatan kualitas pembelajaran dalam suatu pendidikan. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas diperoleh hasil bahwa upaya supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN Langkapan Srengat Blitar cukup baik. Hal ini di buktikan dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan supervisor selaku kepala sekolah, misalnya dengan memberikan pembinaan, mengadakan studi banding ke lembaga yang lebih bermutu, menambah kelengkapan sarana dan prasarana, serta mengikut sertakan dalam pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang peningkatan mutu pembelajaran. Penulis menyimpulkan bahwa peran serta penulis sangat menentukan validitas data. Paparan data hasil penelitian dan temuan penelitian adalah merupakan hasil analisis data.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:30
Last Modified: 25 Mar 2015 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item