Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas III Di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung

Puji, Astutik (2012) Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas III Di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I PUJI SKRIP baru.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB II PUJI SKRIP baru.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB III PUJI SKRIP baru.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV PUJI SKRIP baru.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB V PUJI SKRIP baru.docx

Download (22kB)
[img] Text
JUDUL SKRIPSI PUJI baru.docx

Download (101kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (11kB)
[img] Text
LAMPIRAN PUJI SKRIP baru.docx

Download (2MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan pengembangan sumber daya manusia. Kenyataan tersebut sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana yang termaktub dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pembelajaran IPA tidak begitu diminati oleh para siswa. Sebab hanya kalangan siswa-siswa tertentu saja yang menyukai pelajaran IPA. Sebagimana besarnya siswa menganggap bahwa IPA adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami, jika tidak di demonstrasikan secara langsung. Lebih mempritahinkan lagi bahwa hasil prestasi belajar siswa di bidang IPA masih relatif rendah. Kenyataan inilah yang ditemukan oleh peneliti pada saat pembelajaran IPA di kelas III MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Permasalahan yang ada di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung adalah sebagai berikut: Apakah penerapan metode pembelajaran demontrasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas III di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu? Maka rumusan masalah diatas pada pelajaran IPA di kelas III MI Tarbiyatussibyan Boyolangu tersebut tentu perlu diatasi. Upaya mengatasi permasalahan tersebut harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Salah satu metode yang tepat dalam perkembangan anak adalah dengan menerapkan metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah metode yang sesuai dengan materi yang diangkat oleh peneliti, sebab dengan menerapkan metode demonstrasi siswa dapat mengetahui langsung materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui imlementasi metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPA pada pokok bahasan Sifat Gerak-gerak Benda di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Peneliti menggunakan metode demonstrasi dilaksanakan dengan mendemonstrasikan gerak-gerak pada benda yang ada disekitar kita. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan cacatan lapangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dengan melalui beberapa langkah; pengumpulan data, reduksi, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Sedangkan analisis kuantitatif melalui data skor hasil tes atau latihan soal siswa dianalisis dengan membuat presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Pada saat pre test skor rata-rata kelas sebesar 50%, siklus I sebesar 62,5%, dan siklus II sebesar 87,5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:54
Last Modified: 25 Mar 2015 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item View Item