Pengaruh Penguaaan Materi Pecahan Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Harta Waris di Madraah Aliyah Darul Huda Wonodadi Blitar

Shofa, Ulin Ni’Matus (2014) Pengaruh Penguaaan Materi Pecahan Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Harta Waris di Madraah Aliyah Darul Huda Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK(1).pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH BAB 1-5.pdf

Download (693kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Penguasaan materi pecahan, Kemampuan menyelesaikan perhitungan harta waris. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran dan perbedaan kemampuan siswa dalam memanfaatkan materi yang diperoleh terhadap situasi baru. Dalam masalah ini peneliti menghubungkan matematika dengan ilmu agama. Khususnya pada materi pecahan terhadap perhitungan harta waris di kelas XI Madraah Aliyah Dawul Huda Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Adakah pengaruh penguaaan materi pecahan tehadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan perhitungan harta waris di Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) Berapa besar pengaruh penguasaan materi pecahan tehadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan perhitungan harta waris di Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi Blitar? Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian Deskriptif. Sedangkan untuk metode yang digunakan yaitu: (1). Dokumentasi, untuk memperoleh data tentang kegiatan yang berkaitan dengan keadaan dan operasional dari objek penelitian. Meliputi data tentang sejarah berdirinya sekolah, visi misi sekolah, struktur organisasi sekolah, data tentang keadaan guru dan data tentang keadaan peserta didik. (2). Tes, untuk mengetahui penguasaan materi pecahan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan perhitungan harta waris. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana diperoleh F empirik sebesar 21.949. serta dengan menggunakan db = 1 dan 28 didapatkan F teoritik sebesar 4.20 pada taraf signifikansi 5% dan 7.64 pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa F empirik sebesar 21.949 > F teoritik baik pada taraf signifikansi 5% sebesar 4.20 maupun pada taraf signifikansi 1% sebesar 7.64. Sehingga kesimpulannya tolak H0 dan terima H1, jadi ada pengaruh yang signifikan penguasaan materi pecahan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan perhitungan harta waris di Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2014 08:58
Last Modified: 26 Sep 2014 08:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item