Dini, Hauriyya (2010) Pengaruh Pengelolaan Kelas dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN Termas Baron Nganjuk, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama negeri (STAIN) Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB I-V_DH edit pra ujian.doc Download (484kB) |
|
Text
daftar lampiran_dini hauriyya.doc Download (345kB) |
|
Text
PRA BAB_dini hauriyya.doc Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Keaktifan Belajar Siswa. Dalam pendidikan, seorang guru hendaknya mampu mengelola kelas baik agar semua anak didik dapat aktif didalam kelas dan proses belajar mengajar pun terlaksana dengan baik. Sehingga hasilnya pun juga memuaskan. Dalam penelitian ini peneliti meneliti tentang pengelolaan kelas. Berdasarkan asumsi diatas maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang akan diteliti yaitu: (1) Bagaimanakah pengelolaan kelas di MTsN Termas Baron Nganjuk (2) Bagaimanakah keaktifan belajar siswa di MTsN Termas Baron Nganjuk? (3) Adakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar siswa di MTsN Termas Baron Nganjuk?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengelolaan kelas di MTsN Termas Baron Nganjuk. (2) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa di MTsN Termas Baron Nganjuk. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar siswa di MTsN Termas Baron Nganjuk. Dalam mencari data, penelitian ini memakai riset kepustakaan dan riset Lapangan. Sedangkan metode pengumpulan data melalui angket, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan rumus statistik product moment. Setelah dilakukan analisis maka dapat disimpulkan: (1) Bahwa nilai tingkat pengelolan kelas MTsN Termas Baron Nganjuk Tahun Pelajaran 2009-2010 dapat dikatakan cukup dari nilai skor dan dari nilai rata-rata kurang. Hal ini telah dibuktikan dengan nilai rata-rata 7,26 dan dari perolehan hasil analisis bahwa sekitar 40,32 % responden mempunyai tingkat pengelolaan kelas yang lebih berarti surplus (+) dan 59,67 % responden mempunyai tingkat pengelolaan kelas kurang yang berarti minus (-). (2) Keaktifan belajar siswa MTsN Termas Baron Nganjuk Tahun Pelajaran 2009-2010 Dapat dikatakan cukup baik menurut hasil penyekoran dan dari nilai rata-rata kurang. Hal ini telah dibuktikan dengan nilai rata-rata 7,60 dan dari perolehan hasil analisis bahwa sekitar 33,33% responden mempunyai tingkat keaktifan yang lebih (+) dan 66,66 % responden mempunyai keaktifan kurang. (3) Ada korelasi (hubungan) yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan keaktifan belajar siswa di MTsN Termas Baron Nganjuk Tahun Pelajaran 2009/ 2010 dengan hasil akhir mencapai angka : 0,841503839, berarti ada hubungan yang positif berdasarkan taraf yang signifikan, r tabel. Dari hasil di atas tersebut dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas di MTsN Termas Baron Nganjuk yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa sekitar : 70.8128711 %. adapun yang 29,1871289 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 27 Mar 2015 07:24 |
Last Modified: | 27 Mar 2015 07:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1408 |
Actions (login required)
View Item |