Moh, Toha (2010) Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Bangun Datar di MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.doc Download (26kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (151kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (944kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (87kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (787kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (40kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematika Tentang Pokok Bahasan Bangun Datar pada tahap Analisis, Sintesis, Dan Evaluasi Matematika timbul dari pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses dan penalaran. Wujud dari matematika adalah bahasa simbolik yang telah disepakati bersama. Maka perlu adanya pemahaman tentang simbol-simbol matematika yang merupakan prasyarat utama untuk memahami bahasa matematika. Permasalahan : (1). Bagaimanakah tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar pada tahap Analisis? (2). Bagaimanakah tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar pada tahap Sintesis? (3). Bagaimanakah tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar pada tahap Evaluasi? ? (4). Bagaimanakah tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar? Tujuan Penelitian : (1). Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar pada tahap Analisis? (2). Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar pada tahap Sintesis? (3). Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar pada tahap Evaluasi? ? (4). Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar?. Kegunaan Penelitian : (1). Kegunaan Teoritis : Hasil penelitian ini bisa bermanfaat sebagai bahan pertimbangan bagi guru atau calon guru matematika untuk lebih meningkatkan kemampuan penalaran matematika anak didiknya. (2). Kegunaan Praktis : (a). Bagi institusi pendidikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijaksanaan yang berkenaan dengan pembelajaran matematika. (b). Bagi guru sebagai bahan rujukan yang dapat diambil manfa’at dan ide dasar, sehingga dapat lebih meningkatkan proses pembelajaran sehingga sesuai dengan kemampuan penalaran yang dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. (c). Sebagai bekal pengetahuan bagi siswa agar lebih meningkatkan kemampuan penalaran matematika untuk menyelesaikan soal-soal matematika khususnya tentang materi bangun datar, sehingga siswa mampu membentuk sikap logis, kritis, cermat dan kreatif. (d). Bagi peneliti sebagai bahan pemikiran yang ebih mendalam akan pentingnya penalaran matematika’ Metode Penelitian : (1). Pola : Pendekatan Deskriptif. (2). Populasi : Seluruh Siswa Kelas VIII MTs PSM Jeli Yang berjumlah 76 Siswa dan mengambil sample kelas VIII B yang berjumlah 38 siswa. (3). Metode Pengumpulan Data : (a) Metode Observasi .(b) Metode Interview. (c) Metode dokumentasi. (d). Metode Test. (4). Variabel : kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar. (5). Analisa Data : Data kualitatif dengan deskriptif induktif, dat kuantitatif dengan statistic deskriptif yaitu prosentase. Hasil penelitian : (1). Tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar pada tahap Analisis berkriteria cukup baik dengan prosentase 71,11%. (2). Tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar pada tahap Sintesis berkriteria baik dengan prosentase 85,61%. (3). Tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar pada tahap Evaluasi berkriteria kurang baik dengan prosentase 50,12%. (4). Tingkat kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli tentang materi bangun datar berkriteria cukup baik dengan prosentase 69,39%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 27 Mar 2015 07:27 |
Last Modified: | 27 Mar 2015 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1409 |
Actions (login required)
View Item |