FUNGSI LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN SECARA PARTISIPATIF MENURUT PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH ( STUDI DI DESA KEDUNGWARU KCAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG )

TRIANA NUR ANJARWATI, 17104163020 (2020) FUNGSI LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN SECARA PARTISIPATIF MENURUT PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH ( STUDI DI DESA KEDUNGWARU KCAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG ). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)

Abstract

Triana Nur Anjarwati, 17104163020, Fungsi Lembaga Kemasyarakatan Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Secara Partisipatif menurut Perspektif Siyasah Syar’iyyah (Studi di Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Tata Negara, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag Kata Kunci: Fungsi Lembaga Kemasyarakatan Desa, Pembangunan Partisipatif, Siyasah Syar’iyyah Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa fungsi lembaga kemasyarakatan desa di Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung yang kurang optimal dalam pelaksanaan pembangunan secara partisipatif. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya komunikasi Lembaga Kemasyarakatan Desa dengan masyarakat, kurang menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi sehingga pada kenyataannya LKD belum berfungsi sebagaimana mestinya. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana fungsi lembaga kemasyarakatan desa dalam pelaksanaan pembangunan secara partisipatif di Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, 2) Bagaimana fungsi lembaga kemasyarakatan desa dalam pelaksanaan pembangunan secara partisipatif menurut perspektif siyasah syar’iyyah? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) fungsi lembaga kemasyarakatan desa dalam pelaksanaan pembangunan secara partisipatif di Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Kedungwaru dilaksanakan dengan: a) menyusun rencana pembangunan secara partisipatif, b) melaksanakan pembangunan secara partisipatif, c) menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan, d) meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. 2) fungsi lembaga kemasyarakatan desa dalam pelaksanaan pembangunan secara partisipatif menurut perspektif siyasah syar’iyyah di Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung yaitu dalam hal kepemimpinan untuk pembangunan desa belum memenuhi ciri-ciri kepemimpinan yang baik. Seorang pemimpin harus mempunyai ciri-ciri kepemimpinan yaitu (1) Menjalankan amanah; (2) Memutuskan perkara dengan adil; (3) Mencintai bawahan; (4) Lemah lembut dan bersikap tegas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 17104163020 TRIANA NUR ANJARWATI
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:29
Last Modified: 23 Jan 2020 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14330

Actions (login required)

View Item View Item