CHOIRUL AMINAH, 17205163008 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO, REJOTANGAN, TULUNGAGUNG TAHUN 2019/2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung Tahun 2019/2020” ini ditulis oleh Choirul Aminah, NIM. 17205163008, Pembimbing Dr. H. Nur Efendi., M.Ag. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis puisi. Seorang guru dituntut untuk dapat meiliki keterampilan yang memadai dalam memilih dan mengembangkan berbagai pendekatan pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar maka guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran CTL. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar pembelajaran bahasa Indonesia antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan kontruktivisme di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung? (2) Adakah pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar pembelajaran bahasa Indonesia di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung? (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar pembelajaran bahasa Indonesia di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar pembelajaran bahasa Indonesia antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan kontruktivisme, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunan pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Metode yang digunakan yaitu soal tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni IV Musa sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 dan IV Suaib sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20. Pengambilan data dilakukan dengan metode post test untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisi data menggunakan uji t-test. Dan perhitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran CTL rata-rata 82,77 diatas KKM lebih baik dari pendekatan pembelajaran kontruktivisme, (2) ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai thitung = 3,68 dan ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,68 sehingga nilai thitung > ttabel, (3) besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar sebesar 88% yang mana presentase tersebut tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163008 CHOIRUL AMINAH |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 08:25 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 08:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14341 |
Actions (login required)
View Item |