Nur, Kholifah (2011) Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw Dalam Meningkatakan Prestasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Di MI Negeri Kunir Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2010/2011. [ Skripsi ]
Text
Abstrak.docx Download (16kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (87kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (225kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (151kB) |
|
Text
bab IV.doc Download (420kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.doc Download (61kB) |
Abstract
Kata Kunci : Model Jigsaw, Prestasi belajar siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang efektif karena kebanyakan guru hanya menggunakan metode sederhana saja dalam memberikan materi pelajaran. Penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang tepat dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam pelajaran. Hal ini sangat cocok dengan karakteristik model pembelajaran tipe jigsaw dimana siswa di minta untuk bekerja sama saling membantu dengan sesama kelompoknya dan ini sangat cocok dengan mata pelajaran IPA. IPA merupakan mata pelajaran yang memiliki cakupan pengetahuan yang luas. Hal ini sangat sulit jika hanya diajarkan dengan metode ceramah, tetapi membutuhkan model pembelajaran yang mampu menarik minat siswa untuk belajar dan menyenangi pelajaran IPA. Dalam penelitian ini memiliki satu rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana langkah-langkah model jigsaw dalam pembelajaran IPA kelas III di MI Negeri Kunir Wonodadi Blitar? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa melalui model jigsaw dalam pembelajaran IPA kelas III di MI Negeri Kunir Wonodadi Blitar?, dalam pemecahan masalah peneliti menggunakan model pembelajaran jigsaw karena dianggap mampu memecahkan masalah pada proses pembelajaran IPA kelas III. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah model jigsaw dalam pembelajaran IPA kelas III di MI Negeri Kunir Wonodadi Blitar, 2) Untuk mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa melalui model jigsaw dalam pembelajaran IPA kelas III di MI Negeri Kunir Wonodadi Blitar. Jenis penelitian ini adalah PTK, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru/peneliti dengan menekankan pada permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran guna untuk meningkatan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan catatan lapangan serta dokumentasi sebagai metode penunjang metode-metode utama. metode tes digunakan untuk memperoleh data berupa prestasi belajar siswa, metode observasi digunakan untuk memperoleh data berupa kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran, metode wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan model jigsaw, sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IIPA, ternyata prestasi belajar siswa menjadi lebih meningkat. Hal ini terbukti dengan skor rata-rata test awal sebesar 56,6 dari KKM yang telah ditentukan yaitu 70, skor post test siklus 1 sebesar 69,7 dari KKM yang ditentukan yaitu 70 dan post test siklus 2 sebesar 73,5, hal ini sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan dan menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 13 Apr 2015 06:54 |
Last Modified: | 13 Apr 2015 06:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1437 |
Actions (login required)
View Item |