PENGARUH PENDAPATAN, TINGKAT MARGIN DAN JANGKA WAKTU PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN BA’I BITSAMAN AJIL (Studi Komparasi LKMS di Tulungagung)

YULIZ CINTHIA DEVI, 17401153381 (2020) PENGARUH PENDAPATAN, TINGKAT MARGIN DAN JANGKA WAKTU PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN BA’I BITSAMAN AJIL (Studi Komparasi LKMS di Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendapatan, Tingkat Margin dan Jangka Waktu Pembiayaan Terhadap Keputusan Anggota Menggunakan Produk Pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil (Studi Komparasi LKMS di Tulungagung” ini ditulis oleh Yuliz Cinthia Devi, NIM 17401153381 Pembimbing Bapak Muhamad Aqim Adlan, M.E.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Lembanga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) seperti BMT di berbagai daerah. Keberhasilan atau kemajuan suatu organisasi atau BMT tidaklah lepas dari keputusan anggota menggunakan produknya. Adapun cara dalam menciptakan keputusan anggota itu dengan menganalisis pendapatan, menawarkan margin yang kompetitif serta memberikan penawaran pilihan jangka waktu pembiayaan yang beragam. Apabila itu terwujud, maka dapat dipastikan anggota akan merasa produk yang ditawarkan sesuai kebutuhannya dan akan mendorong keputusannya dalam memilih produk pembiayaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh pendapatan terhadap keputusan anggota menggunakan produk pembiayaan ba’i bitsaman ajil? (2) Bagaimana pengaruh tingkat margin terhadap keputusan anggota menggunakan produk pembiayaan ba’i bitsaman ajil? (3) Bagaimana pengaruh jangka waktu pembiayaan terhadap keputusan anggota menggunakan produk pembiayaan ba’i bitsaman ajil? (4) Bagaimana pengaruh pendapatan, tingkat margin dan jangka waktu pembiayaan secara bersama-sama terhadap keputusan anggota menggunakan produk pembiayaan ba’i bitsaman ajil pada KSPPS BMT Dinar Amanu Tulungagung dan KSPPS BMT Harapan Umat Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probability sampling. Sementara cara pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling yaitu pemilihan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Tahap selanjutnya, uji instrumen data dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Asumsi Klasik dan Regresi Linier Berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota. (2) Tingkat margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota. (3) Jangka waktu pembiayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota. (4) Pendapatan, tingkat margin dan jangka waktu pembiayaan secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota menggunakan produk pembiayaan ba’i bitsaman ajil pada KSPPS BMT Dinar Amanu Tulungagung dan KSPPS BMT Harapan Umat Tulungagung. Kata Kunci : Pendapatan, Tingkat Margin, Jangka Waktu Pembiayaan dan Keputusan Anggota.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153381 Yuliz Cinthia Devi
Date Deposited: 30 Jan 2020 05:01
Last Modified: 31 Mar 2020 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14388

Actions (login required)

View Item View Item