PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SD ISLAM AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG

OKTAVIA SUSI SAPUTRI, 17205163137 (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SD ISLAM AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Religius Peserta Didik melalui Hidden Curriculum di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung” ini ditulis oleh Oktavia Susi Saputri, NIM.17205163137, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A Kata Kunci: Penanaman Nilai Religius, Hidden Curriculum Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai religius bagi peserta didik yang akan memberikan dampak bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah maupun di rumah yang sesuai dengan ajaran agama dan norma-norma kehidupan. Penanaman nilai-nilai religius dapat dilakukan melalui hidden curriculum yang secara luas berkaitan dengan hal-hal yang meliputi sosialisasi politik, kepercayaan, kepatuhan, nilai, adat, dan budaya, termasuk pengembangan sikap terhadapkekuasaan yang diharapkan menjadi hasil dalam sistem pendidikan. Dalam hal ini lembaga pendidikan termasuk SD Islam Al-Munawwar Tulungagung juga ikut berperan dalam menanamkan nilai-nilai religius kepada peserta didiknya sebagai bekal untuk kehidupan yang akan datang sesuai dengan ajaran agama melalui hidden curriculum. Adapaun fokus dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilai nilai religius shiddiq peserta didik melalui hidden curriculum di SD Islam Al Munawwar Tulungagung? (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai religius fathonah peserta didik melalui hidden curriculum di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung? (3) Bagaimana penanaman nilai-nilai religius amanah peserta didik melalui hidden curriculum di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung? (4) Bagaimana penanaman nilai-nilai religius tabligh peserta didik melalui hidden curriculum di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahawa: (1) Upaya sekolah dalam menanamkan nilai religius shiddiq kepada peserta didik melalui hidden curriculum yaitu dengan mengoptimalkan peran guru (menasehati, mengarahkan, dan memberi tauladan). Pembiasaan makan siang di sekolah dan penciptaan lingkungan yang baik, sehingga peserta didik bersikap jujur dalam perkataan maupun perbuatan, tidak mudah berbohong, tawaduk dengan guru, dan disiplin. (2) Dalam menanamkan nilai religius fathonah kepada peserta didik melalui hidden curriculum yaitu dengan pembiasaan membaca doa dan surat pendek sebelum pembelajaran, pembiasaan shalat dhuha dan dzuhur berjamaah, serta pembiasaan mengaji setelah shalat dhuhur, sehingga peserta didik semakin bijaksana dalam berpikir dan bertindak, memiliki kesadaran untuk belajar, dan intregitas yang tinggi. (3) Dalam menanamkan nilai religius amanah kepada peserta didik melalui hidden curriculum yaitu dengan pembiasaan guru memberikan tugas, pemberian nasihat-nasihat, pembiasaan untuk selalu bekerjasama, dan menciptakan lingkungan yang baik, sehingga peserta didik mampu bertanggung jawab penuh dengan tugas yang diberikan, memiliki rasa percaya diri yang tinggi. (4) Dalam menanamkan nilai-nilai religius tabligh kepada peserta didik melalui hidden curriculum yaitu dengan membiasakan peserta didik untuk berperilaku tabligh, pemberian nasihat dan tauladan dari guru, menciptakan lingkungan yang baik, serta melalui kegiatan sekolah, sehingga peserta didik mampu bertanggung jawab dengan amanah yang diberikan, mampu menjadi pemimpin yang bijaksana, dan selalu berperilaku jujur dalam perkataan maupun perbuatan. Dapat disimpulkan bahwa SD Islam Al-Munawwar Tulungagung mampu menanamkan nilai-nilai religius kepada peserta didiknya melalui hidden curriculum yang dikelola dengan sangat baik melalui berbagai pembiasaan dan kegiatan sekolah, sehingga mampu membentuk karakter peserta didik yang shiddiq, fathonah, amanah, dan tabligh. Selain itu peserta didik tidak hanya cerdas dalam berfikir melainkan juda dituntut islami dalam berperilaku sebagai bekal kehidupannya kelak di masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163137 OKTAVIA SUSI SAPUTRI
Date Deposited: 31 Jan 2020 08:49
Last Modified: 31 Jan 2020 08:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item View Item