NUR ILMI LAILA RAHMATIKA, 17402153562 (2020) PERAN BANK SAMPAH SUMBER REJEKI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Lingkungan Gurit Kelurahan Babadan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA -.pdf Download (45kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Bank Sampah Sumber Rejeki Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Babadan Kecamatan Wlingi” ini ditulis oleh Nur Ilmi Laila Rahmatika, NIM. 17402153562, dibimbing oleh Ibu Hj. Amalia Nuril Hidayati, M.Sy. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya isu lingkungan yang semakin tidak dapat dikendalikan dalam masyarakat, khususnya permasalahan tingkat jumlah sampah rumah tangga. Dengan rumusan masalah yaitu (1) bagaimana peran Bank Sampah Sumber Rejeki Babadan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (2) bagaimana kendala-kendala yang dihadapi Bank Sampah Sumber Rejeki Babadan untuk meningkatkan kesejahteraan tersebut (3) bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk kendala-kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Data-data yang dipergunakan dalam penelitian adalah data primer maupun sekunder, data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sehingga data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik tringulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) peran Bank Sampah Sumber Rejeki Babadan adalah menjadi wadah cinta lingkungan dan meningkatkan pendapatan masyarakat, Pemersatu masyarakat dalam lingkungan Babadan, dan Mengadakan rutinitas positif bagi masyarakat (2) kendala-kendala yang dihadapi terbagi menjadi kendala internal dan kendala eksternal adapun a) kendala internal; Kurangnya sumber daya manusia untuk tenaga kerja bank sampah, Kurangnya perencaan dalam bank sampah untuk kegiatan yang menarik bagi masyarakat/nasabah, dan Kurangnya koordinasi antara penanggungjawab dan penurus/pengelola bank sampah sedangkan b) kendala eksternal; Kurangnya apresiasi dari pemerintah untuk bank sampah, Adanya persaingan lembaga kebersihan satu lingkungan, Kurangnya penyelenggaraan bimbingan dan pendampingan (3) upaya-upaya yang dilakukan untuk kendala-kendala tersebut disesuaikan dengan aspek manajemen bank sampah yang telah ditentukan dalam kebijakan Bank Sampah Sumber Rejeki Kata Kunci: Peran Bank Sampah, Kesejahteraan Masyarakat, Blitar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kesejahteraan Sosial |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Peran Bank 17402153562 Nur Ilmi Laila Rahmatika |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 07:53 |
Last Modified: | 31 Mar 2020 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14433 |
Actions (login required)
View Item |