Rohmiatun, Nafi’ah (2011) Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 MI Al Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2010 / 2011. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (89kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (176kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (105kB) |
|
Text
BAB IV n V.doc Download (291kB) |
|
Text
cover.doc Download (255kB) |
|
Text
Persetujuan.doc Download (111kB) |
|
Text
lampiran - lampiran.doc Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya ketakutan para peserta didik memahami isi atau kosa kata Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris yang menjadikan penghambat seorang peserta didik untuk mencapai keberhasilan mereka dalam pelajaran tersebut. Kenyataan sekarang ini, masih ada sebagian besar yang menganggap bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit (sukar) bahkan ada yang memandangnya sebagai momok. Hal ini erat kaitannya dengan bagaimana seorang guru dalam menyampaikan materi, menggunakan metode atau media yang cocok untuk peserta didik. Salah satu media yang ditawarkan peneliti adalah menggunakan media gambar atau flash card, diharapkan dengan menggunakan media tersebut dapat membantu siswa dalam memahami dan menganalisa kosa kata dalam pelajaran Bahasa Inggris, sehingga tercapai yujuan pengajaran. Dalam penelitian ini memiliki satu fokus masalah yaitu: Apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan kosa kata siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 1 MI Al Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2010 / 2011. Dengan fokus masalah tersebut diharapkan dapat mengarahkan pada tujuan penellitian yaitu: untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosa kata siswa dengan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 1 MI Al Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2010 /2011. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Dalam PTK ini tahap penelitian terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 kemampuan kosa kata siswa sebelum tindakan rata-rata 40 dengan taraf keberhasilan kurang, dan setelah tindakan rata-rata 86 dengan taraf keberhasilan sangat baik. Pada siklus 2 meningkat menjadi 91 dengan taraf keberhasilan sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar mampu meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Inggris siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 13 Apr 2015 07:19 |
Last Modified: | 13 Apr 2015 07:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1445 |
Actions (login required)
View Item |