Pemanfaatan Media Visual (Gambar) Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas IV di SDN II Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2010-2011

Hadi, , Mahsus (2011) Pemanfaatan Media Visual (Gambar) Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas IV di SDN II Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2010-2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (80kB)
[img] Text
bab II.doc

Download (155kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (300kB)
[img] Text
bab V.doc

Download (26kB)
[img] Text
daftar pusaka.doc

Download (39kB)
[img] Text
halaman judul.doc

Download (205kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Media Visual, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada siswa kelas IV yang sering hilang konsentrasi pada waktu membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Ini dikarenakan banyaknya guru yang kurang terampil dalam menggunakan media pembelajaran. Untuk menunjang proses pembelajaran membaca intensif peneliti menggunakan media visual untuk meningkatkan prestasi belajar. Rumusan dalam penelitian ini adalah (1). Apakah penggunaan media visual (gambar) dapat meningkatkan minat membaca di SDN II Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan penggunaan media visual (gambar) dalam meningkatkan minat mambaca di SDN II Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi guru untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengatasi masalah belajar. Bagi kepala sekolah sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan arah kebijakan dalam membantu meningkatkan hasil belajar siswa dan mutu sekolah. Bagi siswa hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan catatan lapangan, dokumentasi, metode tes digunakan untuk memperoleh data berupa prestasi belajar siswa, metode observasi digunakan untuk memperoleh data berupa kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran, metode wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan media komik, sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia, ternyata prestasi belajar siswa menjadi lebih meningkat. Ini terbukti dari hasil pre test (58,3), post test siklus 1 (60,2) dan hasil post test siklus 2 (91,1).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Apr 2015 07:28
Last Modified: 13 Apr 2015 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item