Artikel jurnal dengan Judul Menggagas Karakter Peneliti Sejak Dini: Reorientasi Muatan Literasi dalam Kurikulum Pendidikan Sekolah

Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag., 197803182005011003 (2019) Artikel jurnal dengan Judul Menggagas Karakter Peneliti Sejak Dini: Reorientasi Muatan Literasi dalam Kurikulum Pendidikan Sekolah. Jurnal Sosiosains Riset, Lembaga Riset Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung, Vol. 2 Nomor 1 Juni 2019 ISSN: 2621-0266, 2 (1). pp. 59-70. ISSN SSN: 2621-0266

[img] Text
Jurnal Sosiosains.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tulisan dalam jurnal ini fokus pada kajian tentang bagaimana mengembangkan riset sejak dini. Riset selama ini hanya seolah kebutuhan untuk kenaikan pangkat pendidik karena regulasi pemerintah. Riset belum sampai pada dataran budaya dan kebiasaan masyarakat khususnya dunia akademik. Maka dari itu, tulisan ini mencoba memberikan konsep bagaimana riset mampu menjadi budaya dengan berbagai upaya yang bisa diwujudkan khususnya dunia pendidikan. Pendidikan yang dimaskud di sini adalah pendidikan formal, mulai jenjang terbawah sampai perguruan tinggi. Sangat mungkin riset mulai diajarkan sejak usia dini melalui kurikulum baik yang word maupun hidden curriculum. Guru, sekolah bisa membuat system yang terstruktur dalam upaya tersebut. Di antara contohnya adalah, jika selama ini guru mengajar seringkali memberikan secara paket materinya, maka metode ini bisa diubah denganmemberi prosi lebih besar kepada peserta didik untuk mencari dan menemukan materi yang sudah disiapkan oleh guru. Dengan demikian, mereka akan terbiasa untuk berfikir kritis, meneliti dan menganalisanya.

Item Type: Article
Subjects: Jurnal
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr., M. Ag 197803182005011003 Muhammad Muntahibun Nafis
Date Deposited: 02 Mar 2020 12:03
Last Modified: 02 Mar 2020 12:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14636

Actions (login required)

View Item View Item