IMPLEMENTASI METODE THORIQOTY DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMP MAMBAUS SHOLIHIN SUMBER SANANKULON BLITAR

MILA MINHATUL MAULA, 17201163261 (2020) IMPLEMENTASI METODE THORIQOTY DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMP MAMBAUS SHOLIHIN SUMBER SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (786kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Thoriqoty dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an pada Siswa SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar” ini ditulis oleh Mila Minhatul Maula, NIM. 17201163261. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Nuryani, S.Ag. M.Pd.I., Kata Kunci: Implementasi, Metode Thoriqoty, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana banyaknya Muslim Indonesia yang belum memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta makhroj dan shifatul hurufAl-Qur’an. Berdasarkan data yang dihimpun oleh UIN Sunan Gunung Djati, sedikitnya 54% Muslim Indonesia terkategori belum memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik. Artinya, hanya sebesar 46% Muslim Indonesia yang terkategori mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Belajar membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sangat penting, karena merupakan salah satu kunci dalam mengkaji Islam. Untuk mencapai bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar, perlu adanya guru, materi, metode pembelajaran dan sebagainya. Terdapat berbagai metode yang menawarkan keluwesan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, salah satunya adalah metode Thoriqoty. Oleh karena itu implementasi metode Thoriqoty dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa dapat menjadi sebuah jalan untuk mencapai pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta makhroj dan shifatul hurufAl-Qur’an. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran makhroj dan shifatul hurufAl-Qur’an dengan metode Thoriqoti pada siswa SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran makhroj dan shifatul huruf Al-Qur’an dengan metode Thoriqoti pada siswa SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar?, (3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran makhroj dan shifatul huruf Al-Qur’an dengan metode Thoriqoti pada siswa SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar?. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran makhroj dan shifatul huruf Al-Qur’an dengan metode Thoriqoti pada siswa SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran makhroj dan shifatul hurufAl Qur’an dengan metode Thoriqoti pada siswa SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran makhroj dan shifatul huruf Al-Qur’an dengan metode Thoriqoti pada siswa SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam perencanaannya, hal-hal yang dilakukan adalah menyiapkan pedoman pembelajaran seperti Silabus, RPP dan Buku Pedoman makhroj dan shifatul huruf Al-Qur’an serta memproyeksikan tindakan pembelajaran yang akan dilaksanakan, (2) Dalam pelaksanaan, terdapat tiga kegiatan inti, kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, pembelajaran diawali dengan salam, do’a pembukaan dan dirangkai dengan muroja’ah tabel perincian makhroj dan shifatul huruf Al-Qur’an. Pada kegiatan inti, pembelajaran makhroj dan sifat mulai difokuskan pada jilid awal yang merupakan pembentukan pondasi siswa. Pembelajaran menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran. Kegiatan penutup pembelajaran dilaksanakan dengan memberikan penguatan dan ulasan pembelajaran. Terdapat beberapa kendala yang dapat diatasi dengan kreatifitas dan inovasi guru, (3) Evaluasi pembelajaran makhroj dan shifatul huruf Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty dilaksanakan dengan teknik tes dan non tes. Penilaian tes dilakukan secara lisan dengan praktik membaca dan setoran hafalan tabel rincian makhroj dan shifatul huruf. Adapun penilaian nontes dilaksanakan dengan cara mengamati bacaan siswa ketika pembelajaran berlangsung. Fungsi formatif evaluasi dilakukan kurang lebih delapan kali dalam pembelajaran jilid dan tiga kali dalam pembelajaran Al-Qur’an hasilpenilaian dicatat dalam buku hasil evaluasi, terdapat dua macam penilaian sumatif dalam pembelajaran ini, yaitu penilaian sumatif untuk menentukan lulus tidaknya peserta didik dalam ujian tashih Thoriqoty dan marhalah serta evaluasi sumatif yang dilaksanakan setiap ujian akhir semester untuk pengambilan nilai raport peserta didik dan fungsi diagnostik pada setiap kali tatap muka dengan buku kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163261 MILA MINHATUL MAULA
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:24
Last Modified: 03 Mar 2020 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14671

Actions (login required)

View Item View Item