Strategi Belajar Kelompok dengan Hafalan Dalam Pembinaan Kepribadian Islami Anak di RA Al-Khodijah Tenggur Rejotangan Tulungagung

Hikmatul, Laili (2012) Strategi Belajar Kelompok dengan Hafalan Dalam Pembinaan Kepribadian Islami Anak di RA Al-Khodijah Tenggur Rejotangan Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
b1 hikmah-r1.doc

Download (86kB)
[img] Text
b4neu.doc

Download (134kB)
[img] Text
BAB II-li.doc

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (38kB)
[img] Text
cov.hikmah.doc

Download (467kB)
[img] Text
cov.hikmah.doc

Download (467kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1.doc

Download (43kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Metode Kelompok, Hafalan dan Pembinaan Kepribadian Islami Penelitian ini dilatarbelakangi motivasi sangat perlu ditanamkan kepada siswa untuk mendorong semangat belajar. Di dalam memberikan motivasi ini dapat dilakukan dengan adanya latihan-latihan dan juga kebiasaan-kebiasaan yang baik yang kadang-kadang juga dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Menyadari bahwa ketrampilan fisik dan mental itu pasti dimiliki oleh setiap individu serta menyadari betapa pentingnya motivasi di dalam mengajar maka pemberian tugas harus dapat atau mampu merangsang kemampuan yang belum terbentuk secara jelas ini dapat dioptimalkan sesuai dengan taraf perkembangan pemikirannya. Dengan mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dan memberikan motivasi anak akan mendapatkan hasil yang maksimal dari proses belajar mengajar. Sedangkan rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana metode kelompok yang diterapkan pada RA Al-Khodijah Tenggur Rejotangan Tulungagung untuk mempersiapkan peserta didik yang berkepribadian Islami?, 2. Bagaimana metode hafalan yang diterapkan pada RA Al-Khodijah Tenggur Rejotangan Tulungagung untuk mempersiapkan peserta didik yang berkepribadian Islami?, 3. Bagaimana guru RA Al-Khodijah Tenggur Rejotangan Tulungagung memahami perkembangan kepribadian usia dini anak?. Metode Penelitian yang digunakan adalah (1). Pendekatan: kualitatif, (2). Jenis Penelitian: deskriptif dan studi kasus, (3). Kehadiran peneliti: peneliti hadir di lokasi RA Al-Khodijah. (4). Sumber Data: Informan terdiri dari tenaga pengajar. (5). Metode Pengumpulan Data: Observasi, wawancara dan dokumentasi, (6). Analisis Data: data dianalisis dengan pendekatan kualitatif, (7). Pengecekan Keabsahan Temuan: perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil-hasil Penelitiannya adalah : 1. Metode kelompok yang diterapkan pada RA Al-Khodijah Tenggur Rejotangan Tulungagung dalam upaya mempersiapkan peserta didik yang berkepribadian Islami, yaitu dengan melalui kegiatan pembelajaran, kelompok, dan reinforcement. 2. Metode hafalan yang diterapkan pada RA Al-Khodijah Tenggur Rejotangan Tulungagung yaitu peserta didik yang berkepribadian Islami dengan bernyanyi, menulis kembali apa yang telah dituliskan oleh guru atau yang ada pada buku, menghafal asmaul husna dan surat-surat pendek, 3. Di RA Al-Khodijah tenaga pendidik sangat mengenali perkembangan anak didik dan mereka merespon secara positif terhadap tugas perkembangan masa dini anak serta mengoptimalisasikannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Apr 2015 08:25
Last Modified: 13 Apr 2015 08:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1468

Actions (login required)

View Item View Item