HUBUNGAN BUDAYA KEAGAMAAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

FIFI SEPTINA ANGGRAINI, 17201163392 (2020) HUBUNGAN BUDAYA KEAGAMAAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Budaya Keagamaan terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas VIII MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Fifi Septina Anggraini, NIM. 17201163392, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag., NIP. 196710291994031004. Kata kunci : Budaya Keagamaan dan Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kecerdasan emosional peserta didik dan budaya keagamaan yang sudah diterapkan di sekolah. Pada dasarnya kecerdasan emosional merupakan kemampuan-kemampuan untuk mengatur, mengelola dan mengarahkan perasaan ke arah positif, serta dapat mengendalikan diri sendiri. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara pengaruh budaya keagamaan terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Tulungagung. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah hubungan budaya keagamaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Tulungagung. (2) Adakah hubungan budaya keagamaan shalat berjamaah terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Tulungagung. (3) Adakah hubungan budaya keagamaan berjabat tangan terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan hubungan budaya keagamaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan hubungan budaya keagamaan shalat berjamaah terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan hubungan budaya keagamaan berjabat tangan terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif studi korelasi. Populasi dalam penelitian terdiri dari 217 siswa. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel 55 siswa. Teknik pengumpulan data: angket, dokumentasi dan wawancara. Teknis analisis data : uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, regresi berganda, korelasi product moment, dan uji chi square dengan bantuan SPSS for windows 16.0 Hasil penelitian: (1) Ada hubungan yang signifikan antara budaya keagamaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. Berdasarkan output korelasi product moment dengan 0,291 > 0,266 dengan nilai sig 0,031 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,031 < 0,05) sehingga H0 ditolak Ha diterima, besar kontribusi hubungan budaya keagamaan membaca Al-Qur’an ( sebesar 0,291 atau bisa dikatakan memiliki hubungan rendah terhadap kecerdasanemosional peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. (2) Ada hubungan yang signifikan antara budaya keagamaan shalat berjamaah terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. Berdasarkan output korelasi product moment dengan 0,496 > 0,266 dngan nilai sig 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak Ha diterima, besar kontribusi hubungan budaya keagamaan shalat zhuhur berjamaah ( sebesar 0,496 atau bisa dikatakan memiliki hubungan kategori sedang terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. (3) Ada hubungan yang signifikan antara budaya keagamaan berjabat tangan terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. Berdasarkan output korelasi product moment dengan 0,487 > 0,266 dengan nilai sig 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak Ha diterima, besar kontribusi hubungan budaya keagamaan berjabat tangan ( sebesar 0,487 atau bisa dikatakan memiliki hubungan kategori sedang terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163392 FIFI SEPTINA ANGGRAINI
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:13
Last Modified: 05 Mar 2020 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14703

Actions (login required)

View Item View Item