PERAN BAPAK DALAM PENGASUHAN ANAK TIRI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)

NURUL DEWI ATIKASARI, 17102163001 (2020) PERAN BAPAK DALAM PENGASUHAN ANAK TIRI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Dewi Atikassari, 17102163001, Peran Bapak Dalam Pengasuhan Anak Tiri Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I Kata Kunci : Peran Bapak, Pengasuhan Anak Tiri, Perspektif Hukum Islam Penelitian ini dilatar belakangi adanya pernikahan untuk membentuk keluarga yang sakinah mawadah warrahmah masih banyak yang belum tercapai. Hal ini disebabkan karena banyak pasangan suami istri yang mengalami masalah dalam membangun keluarga seperti pertengkaran dan perbedaan pendapat yang sering terjadi, sehingga mengakibatkan ikatan pernikahan tidak bisa dipertahankan lagi. Anak menghadapi perceraian dan keluarga baru dengan perasaan cemas dari pada perasaan senang, karena kelekatan anak dengan orang tua kandung yang lebih lama. Kemudian mendapatkan orang tua tiri sehingga anak harus berinteraksi kembali dengan keluarganya. Akan tetapi hal ini berbeda dengan situasi yang ada di Desa Gilang, Hubungan yang baik antara anak dengan orang tua tiri membuat keluarga menjadi nyaman dan harmonis. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana peran bapak dalam pengasuhan anak tiri di Desa Gilang Kecamatan Ngunut? 2.) Bagaimana pengasuhan anak tiri di Desa Gilang Kecamatan Ngunut dalam perspektif hukum islam? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1.) Untuk mengetahui peran bapak dalam pengasuhan anak tiri di Desa Gilang Kecamatan Ngunut. 2.) Untuk mengetahui pengasuhan anak tiri di Desa Gilang Kecamatan Ngunut dalam perspektif hukum islam. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, atau penelaah dokumen. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Peran bapak dalam pengasuhan anak tiri di Desa Gilang dalam mendidik anak seperti anaknya sendiri, terkait dengan pendidikan agama anak diajarkan untuk sholat tepat waktu dan mengaji, bapak tiri juga mengajarkan kebersihan dan juga mencukupi semua kebutuhannya. 2.) Peran bapak dalam pengasuhan anak tiri di Desa Gilang dilihat dari segi pendidikan disekolah, pemdidikan agama, nafkah dan kesehatan sudah sesuai dengan ajaran yang ada di hukum islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 17102163001 NURUL DEWI ATIKASARI
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:01
Last Modified: 31 Mar 2020 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14772

Actions (login required)

View Item View Item