RISKA YUNIA ARIWINANDA, 17306153038 (2020) PENGARUH TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK AUTIS DI SD ALAM MUTIARA UMAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (346kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (361kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (414kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (152kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
ABSTRAK Riska Yunia Ariwinanda. 17306153038. Tahun 2020. “Pengaruh Teknik Reinforcement Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Autis di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung”. Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Muh. Sholihuddin Zuhdi, M.Pd Kata Kunci : Reinforcement, Kemandirian, Autis Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang dihadapi oleh anak autis di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung yang kemandiriannya cukup dibilang rendah, sehingga perlu segera diberikan penanganan yaitu dengan cara menggunakan teknik reinforcement agar kemandiriannya dapat meningkat, dilatar belakangi dari sebuah sekolah SD di Tulungagung bernuansa alam yang didalamnya terdapat anak berkebutuhan khusus. Ditinjau dari kelas 3,4 dan 6 kelas 4 adalah kelas paling rendah tingkat kemandiriannya, jadi kelas ini yang akan diberi perlakuan menggunakan teknik reinforcement. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik reinforcement untuk meningkatkan kemandirian anak autis di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung. Metode penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen True Experimental Design (Pretest-Posttest Control Grup Design). Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu siswa yang teridentifikasi memiliki kemandirian rendah sebanyak 32 siswa kemudian dibagi secara acak masing-masing 16 siswa untuk menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan analisis statistik uji sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan teknik reinforcement untuk meningkatkan kemandirian anak autis yang mendapatakanintervensi berupa kegiatan teknik reinforcement yang dianalisis menggunakan statistik t-tes. Berdasarkan dari analisis data diketahui terdapat pengaruh yang signifikan teknik reinforcement untuk meningkatkan kemandirian pada anak autis dengan hasil penelitian P(0,000)<I(0,05) pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik reinforcement untuk meningkatkan kemandirian pada anak autis di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung terbukti adanya kaitan penelitian dengan bimbingan konseling islam yakni, tugas dari seseorang guru dan terapis selain menjadi guru atau terapis juga merangkap sebagai konselor. Sesuai dengan tujuan dan fungsi dari program bimbingan konseling islam untuk membantu anak agar memperoleh perkembangan yang normal untuk dapat mengoptimalkan potensi anak, dan juga keterkaitan antara teknik reinforcement dengan Al-qur’an ada pada surah ali imron ayat 148 bahwasanya Allah mencintai serta memberi anugerah kepada orang orang yang berbuat kebaikan serta membantu hambanya yang mengalami kesusahan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 17306153038 RISKA YUNIA ARIWINANDA |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 05:04 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 05:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14807 |
Actions (login required)
View Item |