Penggunaan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Energi Panas Pada Peserta Didik Kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungangung Tahun Ajaran 2010-2011

Wahyu, Purwandari (2011) Penggunaan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Energi Panas Pada Peserta Didik Kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungangung Tahun Ajaran 2010-2011. [ Skripsi ]

[img] Text
sampul.doc

Download (159kB)
[img] Text
Wahyu_DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (33kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Metode discovery, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) Pembelajaran IPA di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik-siswi untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya. Untuk itu pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode discovery dimana guru memberi kebebasan peserta didik agar mengalami proses penemuan pengetahuan sendiri secara langsung. Fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimana proses pembelajaran IPA dengan penggunaan metode discovery pada materi energi panas pada kelas IV A SDI Al-munawwar Tulungagung tahun ajaran 2010-2011 ? (2). Bagaimanakah hasil pembelajaran IPA pada materienergi panas dengan penggunaan metode discovery pada peserta didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun ajaran 2010-2011 ? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1). Untuk mengetahui proses pembelajaran IPA dengan penggunaan metode discovery pada materienergi panas pada kelas IV A SDI Al-munawwar Tulungagung tahun ajaran 2010-2011. (2). Untuk mengetahui hasil pembelajaran IPA pada materienergi panas dengn penggunaan metode discovery pada peserta didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun ajaran 2010-2011. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalaman serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi SDI Al-Munawwar Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi peserta didik bermanfaat untuk dapat meningkatkan hasil belajar dan bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian tindakan ini adalah peserta didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung. Metode pengumpulan data : (1) Tes, (2) Observasi, (3) Wawancara, (4) Catatan lapangan. Model analisis : Analisis data yang digunakan adalah model alir (1) Reduksi data, (2) Menyajikan data, (3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada tes siklus I nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 75,2 dan kemudian pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 83,4. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung pada tahun ajaran 2010-2011.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 May 2015 07:54
Last Modified: 04 May 2015 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item View Item