Peer Review Muslim Subjectivity Spektrum Islam Indonesia (Pesantren dan Pluralisme: Pendidikan Pluralisme ala Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan Jawa Timur

Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag., 197803182005011003 (2017) Peer Review Muslim Subjectivity Spektrum Islam Indonesia (Pesantren dan Pluralisme: Pendidikan Pluralisme ala Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan Jawa Timur. PT. Pustaka Insan Madani, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Peer Review Muslim Subjectivity080.pdf

Download (404kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/14634/1/PESANTR...

Abstract

Artikel ini fokus pada kajian tentang keterkaitan pesantren dan pluralisme. Pesantren merupakan lembaga pendidikan dan juga agama yang tersebar di seluruh wilayah. Begitu besarnya jumlah pesantren tentunya berimplikasi pada besarnya peran mereka dalam pembanguna masyarakat. Sementara negeri ini memiliki keragaman dalam beragama, sehingga membutuhkan upaya untuk merawatnya. Pesantren Ngalah merupakan potret dari sekian contoh pesantren yang mengembangkan nilai pluralisme. Melalui sistem pendidikannya, Kiai Sholeh secara konsisten terus mengajak civitas pesantren untuk merawat keragaman tersebut. Santri diberi banyak pengalaman bagaimana seharusnya bergaul dengan non-muslim. Tulisan ini mencoba memberikan solusi bagi negeri ini untuk berupaya menerapkan pemahaman yang baik dalam bermasyarakat bahkan beragama

Item Type: Other
Subjects: Buku
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr., M. Ag 197803182005011003 Muhammad Muntahibun Nafis
Date Deposited: 29 May 2020 15:29
Last Modified: 29 May 2020 15:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15010

Actions (login required)

View Item View Item