Dr. Hikmah Eva Trisnantari, M.Pd, 0728087302 and Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd, 197206082002121001 and Dr. Sulastri Rini Rindrayani, M.M, 0016026801 (2018) Peer Reviuw Buku Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Karakter dengan Sistem FDS. Penerbit CAHAYA ABADI, Tulungagung.
|
Text
Peer Reviuw Buku Manajemen Mutu Sistem FDS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter di sekolah menjadi sangat penting untuk diwujudkan dalam proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas untuk mempersiapkan peserta didik agar memliki karakter mulia. Terciptanya mutu pembelajaran di sekolah akan dapat menghantarkan sekolah mampu memiliki daya saing dan diminati oleh masyarakat baik pada tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Mutu pembelajaran di sekolah atau madrasah harus ditingkatkan secara terus-menerus agar sekolah atau madrasah sebagai lembaga pendidikan dapat mencapai visi dan misinya dengan baik. Pendidikan karakter yang menjadi program dan kebijakan nasional dapat diimplementasikan dengan baik dan berkualitas. Pendidikan berkualitas adalah tuntutan yang harus dipenuhi oleh seluruh lembaga pendidikan di Indonesia agar mampu memberikan kontribusi dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang yang dimuai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi sehingga mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter merupakan aset bangsa yang dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional agar menjadi bangsa yang memiliki daya saing tinggi pada level internasional. Agar dapat mewujudkan bangsa yang berkualitas dan berkarakter, harus dimulai dari perbaikan kualitas lembaga pendidikan mulai dari sekolah dasar. Sekolah dasar dapat dijadikan sebagai pondasi dalam pelaksanaan pembelajaran pada jenjang berikutnya. Apabila, peserta didik mendapatkan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas mulai sekolah dasar, maka peserta didik akan mampu memiliki kompetensi dan karakter mulya atau yang sering disebut dengan istilah berakhlaqul karimah. Kondisi ini akan membantu peserta didik untuk menjadi lebih baik pada jenjang pendidikan berikutnya. Dengan demikian sekolah atau madrasah sebagai lembaga pendidikan harus mampu untuk mengadakan perbaikan secara terus-menerus (continouse quality improvement) dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran sehingga menjadi sekolah yang bermutu dan diminati oleh masyarakat.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Buku |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Dr 197206082002121001 Prim Masrokan Mutohar |
Date Deposited: | 07 Jun 2020 10:15 |
Last Modified: | 07 Jun 2020 10:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15207 |
Actions (login required)
View Item |