Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd, 197206082002121001 and St. Farida Noer Laila, M.A, 197201151999032002 and Anissatul Mufarohah, S.Ag., M.Pd, 197008171998032001 (2018) Peer Review Buku Manajemen Pendidikan Krakter Berbasis Profetik. IAIN Tulungagung Press, Tulungagung.
|
Text
Peer Review Buku Manajemen Pend Karakter berbasis Profesik.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter diarahkan untuk membentuk karakter mulia peserta didik sebagai insan kamil. Karakter mulia ini akan dapat mengarahkan pada peserta didik agar mengetahui potensi dirinya yang ditandai dengan munculnya nilai-nilai yang ada pada diri peserta didik, seperti reflektif, percaya diri, rasional, logis, kritis, analitis, kreatif dan inovatif, mandiri, hidup sehat, bertanggung jawab, cinta ilmu, sabar, berhati-hati, rela berkorban, pemberani, jujur, dapat dipercaya, menepati janji, rendah hati, adil, bijaksana, dan nilai-nilai baik yang lainnya. Nilai-nilai karakter inilah yang dapat dijadikan sebagai self-control dalam berperilaku dan bertindak. Secara psikologis dan sosial kultural dalam pembentukan karakter pada diri individu merupakan pelaksanaan fungsi seluruh potensi individu manusia (kognitif, afektif, dan psikomotorik) dalam konteks interaksi sosial kultural (dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat) dan berlangsung sepanjang hayat. Konfigurasi karakter yang dapat digali dalam ajaran Islam sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam konteks totalitas proses psikologis dan sosial-kultural tersebut dapat dikelompokkan dalam: olah hati (spiritual and emotional development) , olah pikir (intellectual development), olah raga dan kinestetik (Physical and kinestetic development), serta olah rasa dan karsa (affective and creativity development). Implikasi penerapan pendidikan karakter berbasis prophetic adalah perlunya pengembangan silabus dan sistem penilaian yang menjadikan peserta didik mampu mendemonstrasikan keterampilan sesuai dengan standar yang ditetapkan dengan mengintegrasikan life skill. Silabus adalah acuan untuk merencanakan dan melaksanakan program pendidikan karakter berbasis prophetic, sedangkan sistem penilaian mencakup indikator dan instrumen penilaiannya yang meliputi jenis tagihan, bentuk instrumen, dan contoh instrumen. Jenis tagihan adalah sebagai bentuk ulangan dan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh peserta didik, sedangkan bentuk instrumen terkait dengan jawaban yang harus dikerjakan oleh peserta didik, baik dalam bentuk tes maupun nontes (perbuatan).
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Buku |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Dr 197206082002121001 Prim Masrokan Mutohar |
Date Deposited: | 07 Jun 2020 11:27 |
Last Modified: | 07 Jun 2020 11:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15224 |
Actions (login required)
View Item |