Rahmawati, Zamzim Athiyata (2014) Penerapan Metode The Power of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Pada Siswa Kelas V MIN Pucung, Kec. Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
ZAMZIM ATHIYATA RAHMAWATI 3217103098.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
. 2014, . Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Kata kunci : Metode The Power Of Two, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pucung Ngantru Tulungagung dalam pembelajaran Fiqh yang masih rendah terutama dalam hal menghafal. Hal ini disebabkan karena ketidaksukaan siswa pada kegiatan menghafal. Selain itu juga karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas, sehingga motivasi siswa kurang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran The Power of Two dalam setting pembelajaran kelompok, untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana Proses Penerapan Metode The Power Of Two Pada Mata pelajaran Fiqh Pokok bahasan Ketentuan Qurban Pada Siswa Kelas V MIN Pucung, kec. Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? 2. Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Fiqh Pokok Bahasan Ketentuan Qurban Pada Siswa Kelas V MIN Pucung kec. Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Penggunaan metode The Power Of Two? Adapun tujuan dari penelitian tersebut, yaitu: 1. Untuk mendeskripsikan Penerapan Metode The Power Of Two Pada Mata Pelajaran Fiqh Pokok Bahasan Ketentuan Qurban Pada Siswa Kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. 2. Untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Fiqh Pokok Bahasan Ketentuan Qurban Pada Siswa Kelas V MIN Pucung kec. Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Penggunaan Metode The Power Of Two. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (plan), (2) tahap pelaksanaan (action), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Fiqh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pucung Ngantru Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Fiqh, respon siswa, keadaan siswa dan guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 06 Nov 2014 06:33 |
Last Modified: | 06 Nov 2014 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/154 |
Actions (login required)
View Item |