Implementasi Metode Diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XII IPS 1 di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung

Zainuri, Zainuri (2014) Implementasi Metode Diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XII IPS 1 di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Skripsi Q.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitan dalam skripsi ini berangkat dari keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan suatu materi pelajaran, banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, satu di antaranya ialah pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Fokus masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah langkah-langkah implementasi metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan pada siswa kelas XII IPS 1 di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung (2) Apa saja kemudahan dan kesulitan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XII IPS 1 di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimanakah langkah-langkah implementasi metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan pada siswa kelas XII IPS 1 di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung (2) Untuk mengetahui Apa saja kemudahan dan kesulitan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XII IPS 1 di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk melihat fenomena dan gejala yang ada atau gejala yang ditimbulkan setelah adanya tindakan manajemen metode diskusi yang dilakukan oleh guru PAI. Metode wawancara atau interview digunakan untuk menanyakan sesuatu tekait alasan penggunaan metode diskusi. Sedangkan dokumentasi sekolah sebagai memperkuat dari segala pernyataan dengan hasil wawancara dengan guru guru PAI, waka kurikulum dan hasil observasi. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: Dengan adanya pembelajaran dengan metode diskusi di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung, ada beberapa hasil yaitu: (a) Terciptanya motivasi siswa untuk belajar dengan adanya latihan yang menarik. (b) Tersedianya bahan dan materi pembelajaran. (c) Adanya persiapan baik dari guru atau siswa tentang materi yang akan dibahas. (d) Terarahnya tujuan dari materi yang akan diajarkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Nov 2014 01:55
Last Modified: 13 Nov 2014 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item