DISPOSISI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS 8.1 MTsN 1 TULUNGAGUNG

DATUL MU’AMANAH, 17204163085 (2020) DISPOSISI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS 8.1 MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (17MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas 8.1 MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Datul Mu’amanah, NIM. 17204163085, Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Disposisi Matematis, Kemampuan Matematika Disposisi matematis merupakan suatu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Dalam konteks matematika, disposisi matematis berkaitan dengan bagaimana siswa memandang dan menyelesaikan masalah, apakah siswa tersebut percaya diri, tekun, minat, berpikir fleksibel, dan mampu menemukan penyelesaian yang tepat dari masalah matematika. Sikap yang positif ini tentunya akan berdampak baik dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar yang akan diperoleh siswa tersebut. Dengan hal ini peneliti menghubungkan masalah pada pembelajaran matematika dengan disposisi matematis siswa di kelas 8.1 MTsN 1 Tulungagung. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan disposisi matematis berdasarkan kemampuan matematika siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel di kelas 8.1 MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di MTsN 1 Tulungagung dengan subjek penelitian diambil 6 siswa berdasarkan hasil angket disposisi matematis dan kemampuan matematika yang dimiliki. Metode pengumpulan data berupa : (1) angket, (2) tes, dan (3) wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara : (1) ketekunan atau keajegan pengamatan, (2) triangulasi, dan (3) pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) disposisi matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel memiliki rasa percaya diri, gigih dan ulet, mampu berpikir terbuka atau fleksibel, mempunyai minat dan keingintahuan, mampu memonitor dan mengevaluasi proses berpikir dan kinerja diri sendiri, mampu menilai aplikasi matematika dalam bidang lain, serta mengapresiasi peran matematika dalam budaya dan nilainya, baik matematika sebagai alat, maupun matematika sebagai bahasa, (2) disposisi matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel memiliki rasa percaya diri, gigih dan ulet, mampu berpikir terbuka atau fleksibel, cukup mempunyai minat dan keingintahuan, mampu memonitor dan mengevaluasi proses berpikir dan kinerja diri sendiri, mampu menilai aplikasi matematika dalam bidang lain, serta mampu mengapresiasi peran matematika dalam budaya dan nilainya, baik matematika sebagai alat, maupun matematika sebagai bahasa, dan (3) disposisi matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel kurang memiliki rasa percaya diri, cukup gigih dan ulet, kurang mampu berpikir terbuka atau fleksibel, kurang minat dan keingintahuan, tidak mampu memonitor dan mengevaluasi proses berpikir dan kinerja diri sendiri, tidak mampu menilai aplikasi matematika dalam bidang lain, serta tidak mampu mengapresiasi peran matematika dalam budaya dan nilainya, baik matematika sebagai alat, maupun matematika sebagai bahasa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: DATUL MU’AMANAH 17204163085
Date Deposited: 06 Jul 2020 06:23
Last Modified: 31 May 2021 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item View Item