HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERSTANDAR PISA DI MTSN 2 KEDIRI

NANDANING TRYAS APRILIANI, 17204163024 (2020) HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERSTANDAR PISA DI MTSN 2 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (71kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berstandar PISA di MTsN 2 Kediri” ini ditulis oleh Nandaning Tryas Apriliani, NIM 17204163024, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Matematika, Higher Order Thinking skills, Kemampuan Matematika, PISA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai PISA Indonesia khususnya dalam bidang kompetensi matematika sebagaimana tercatat di dalam PISA 2018. Soal-soal PISA khususnya soal PISA kompetensi matematika level 4, 5, dan 6 memiliki keterkaitan erat dengan higher order thinking skills (HOTS). Oleh karena itu, peneliti bergerak untuk melakukan penelitian berkaitan dengan higher order thinking skills (HOTS) siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA di MTsN 2 Kediri dengan harapan dapat mengetahui HOTS siswa melalui peninjauan kemampuan matematika yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan HOTS siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA di MTsN 2 Kediri. (2) untuk mendeskripsikan HOTS siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA di MTsN 2 Kediri. (3) untuk mendeskripsikan HOTS siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA di MTsN 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 3 siswa kelas IX MTsN 2 Kediri. Metode pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Soal tes sebanyak 3 soal yakni soal PISA tahun 2012 level 4, 5, dan 6. Wawancara dilakukan untuk memperluas informasi dari siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pada nomor 1, S1 hanya mampu memenuhi aspek analisis dan aspek evaluasi, namun tidak mampu memenuhi aspek kreasi. Pada soal nomor 2, S1 memenuhi beberapa indikator dari aspek analisis, namun tidak memenuhi aspek evaluasi dan aspek kreasi dengan tepat. Pada soal nomor 3, S1 tidak mampu memenuhi ketiga aspek HOTS yakni aspek analisis, aspek evaluasi, dan aspek kreasi. (2) Pada soal nomor 1 dan nomor 2, S2 mampu memenuhi aspek analisis, aspek evaluasi, dan aspek kreasi dengan sangat baik. Pada soal nomor 3, S2 mampu memenuhi beberapa indikator dari aspek analisis, namun tidak mampu memenuhi aspek evaluasi dan aspek kreasi. (3) Pada soal nomor 1, nomor 2 dan nomor 3, S3 mampu memenuhi semua aspek dari HOTS yakni aspek analisis, aspek evaluasi dan aspek kreasi dengan tepat. Meskipun pada soal nomor 3, S3 menggunakan metode trial and error, namun S3 mampu memberikan dan membuktikan bahwa jawabannya benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: NANDANING TRYAS APRILIANI 17204163024
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:36
Last Modified: 31 May 2021 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15656

Actions (login required)

View Item View Item