Erni, Yulianti (2012) Pengaruh Peran Guru Sebagai Demonstrator Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.doc Download (29kB) |
|
Text
BAB 1.doc Download (76kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (86kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (504kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (678kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.doc Download (28kB) |
Abstract
Kata kunci: peran guru, minat dan hasil belajar matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya proses belajar mengajar siswa di sekolah membuat tingkat ketuntasan hasil belajar siswa masih rendah, itu disebabkan oleh peran guru yang dilakukan oleh guru masih kurang, sehingga pembelajarannya kurang menarik minat belajar siswa. Salah satu solusi untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa adalah dengan peran guru sebagai demonstrator. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Peran guru sebagai demonstrator adalah: guru hendaknya senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan serta senantiasa mengembangkannya dalam arti meningkatkan kemampuannya dalam hal ilmu yang dimilikinya karena hal ini akan sangat menentukan hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Minat adalah: Minat merupakan dorongan jiwa pada tingkat yang tinggi lazim yang dapat mengarahkan sekaligus menggairahkan seseorang kepada sesuatu. Hasil belajar adalah: kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah mengalami proses pembelajaran dan dapat diukur melalui pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, dan sintesis yang diraih siswa dan merupakan tingkat penguasaan setelah menerima pengalaman belajar. Peran guru yang tinggi atau rendah dapat terlihat dari kualitas hasil pembelajaran. Apalagi untuk pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, yaitu matematika, maka peran guru yang sangat tinggi sangat diperlukan agar meningkatkan kualitas pembelajaran. Meningkatkan kualitas pembelajaran, akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru sebagai demonstrator terhadap minat belajar matematika siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2011-2012. 2). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru sebagai demonstrator terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2011-2012. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru sebagai demonstrator terhadap minat belajar matematika siswa di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2011-2012. 2). Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru sebagai demonstrator terhadap hasil belajar matematika siswa di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2011-2012. Pola penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah peran guru sebagai demonstrator, sedangkan variabel terikatnya adalah minat dan hasil belajar matematika. Populasi dalm penelitian ini yaitu seluruh siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 953 siswa. Dalam pengambilan sample digunakan tehnik proportionate stratified random sampling yaitu teknik penentuan sampel apabila populasinya mempunyai anggota atau unsur yang tidak homogen atau berstrata secara proporsional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 273 siswa. Tehnik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan tehnik analisis korelasi product moment. Dari hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1. Hipotesis Alternative (Ho) “Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru sebagai demonstrator dengan minat belajar matematika di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2011-2012” diterima, karena berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh rxy sebesar 0,086. Berdasarkan perbandingan r hitung dengan r tabel nilai-nilai product moment diperoleh hasil bahwa r hitung lebih (re) lebih kecil dari r tabel (rt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. 2. Hipotesis Alternative (Ha) “Terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru sebagai demonstrator dengan hasil belajar matematika di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2011-2012” diterima, karena berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh rxy sebesar 1,303. Berdasarkan perbandingan r hitung dengan r tabel nilai-nilai product moment diperoleh hasil bahwa r hitung lebih (re) lebih besar dari r tabel (rt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 20 May 2015 02:57 |
Last Modified: | 20 May 2015 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1568 |
Actions (login required)
View Item |