Aplikasi pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulunggung

Misbahul Ulum Agus, Tiani (2012) Aplikasi pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulunggung. [ Skripsi ]

[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (102kB)
[img] Text
DAFTER PUSTAKA.doc

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (99kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh semakin terpuruknya dunia pendidika, terutama wilayah pendidikan aganma Islam yang kurang diminati oleh semua elmen lapisan masyarakat Indonesia sehingga pengetahuan dasar masyarakat Indonesia tentang agama Islam sangat memprihatinkan. Melihat kenyataan tersebut penulis berusaha semaksimal mungkin untuk memaparkan bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung dalam mencetak kader-kader generasi bangsa yang berakhlakulkarimah, berwawasan ilmu pengetahuan tinggi, serta tetap berpedoman pada nilai-nilai luhur ajaran agama Islam untuk memenuhi tuntutan zaman modern seperti sekarang. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan ini adalah (1) Bagaimana aplikasi pendidikan agama Islam di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung? (2) Faktor apa yang menunjang aplikasi pendidikan agama Islam di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui aplikasi pendidikan agama Islam di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung. (2) Mengetahui faktor-faktor yang menunjang aplikasi pendidikan agama Islam di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode metodologi yaitu: pendekatan penelitian, pola penelitian, lokasi penelitian, kehadiran peneliti, sumber data, prosedur pengumpulan data, teknik analisa data, pengecekan keabsahan data. Sedangkan dalam penelitian ini, untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun interview digunakan untuk memperoleh informasi mengenai bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam dan faktor yang menunjang pendidikan agama Islam di SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan sumber tertulis maupun gambar kegiatan sebagai bukti penelitian. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan berapa metode diatas akhirnya mendapatkan kesimpulan bahwa: 1. Aplikasi pendidikan agama Islam di SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu dengan cara mengembangkan muatan pembelajaran pendidika agama Islam melalui kegiatan ekstra kurikuler yang diselenggarakan oleh PPHM Asrama TK Al Qur’an Sunan Giri Ngunut Tulungagung. 2. Dengan lingkungan yang agamis, bimbingan langsung oleh dewan pengasuh Pondok Pesantren yang dibantu oleh dewan guru SD Islam Sunan Giri, Asatidz Madrasah Diniyah dan Asatidz Taman Pendidikan Al Qur’an Sunan Giri, maka aplilasi pendidkan agama Islam di SDI Sunan Giri menjadi terlaksana dengan baik serta menjadi lembaga pendidikan yang mampu mencetak kader bangsa yang berkualitas dan terap menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 20 May 2015 03:32
Last Modified: 20 May 2015 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item