HARUM SARI, 17204163046 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MATERI ALJABAR DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (389kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (643kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (154kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (904kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (114kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa pada Materi Aljabar di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Harum Sari, 17204163046, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Aljabar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian guru matematika dalam meningkatkan proses berpikir reflektif. Proses berpikir reflektif juga dipengaruhi oleh kemampuan matematika setiap siswa yang berbeda-beda sehingga dalam penelitian ini berdasarkan kemampuan matematika. Berpikir reflektif dapat ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berlatih beberapa soal yang berkesinambungan dalam meningkatkan berpikir reflektif. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal aljabar di kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal aljabar di kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal aljabar di kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dimulai dengan mengambil 6 subjek yang terdiri dari 2 subjek yang berkemampuan tinggi, 2 subjek berkemampuan sedang, dan 2 subjek berkemampuan rendah. Pengambilan subjek berdasarkan pemilihan dari tingkatan nilai ulangan tengah semester. Metode yang digunakan meliputi metode tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Tes tertulis diikuti oleh seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 30 orang. Namun hanya 6 siswa yang sudah dipilih untuk selanjutnya hasil tes tulis tersebut digunakan untuk menganalisis kemampuan berpikir reflektifnya dengan jalan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika tinggi adalah reflektif, hal ini berdasarkan hasil tes dan wawancara bahwa siswa mampu memenuhi tiga indikator yaitu tingkatan reacting, comparing, dan contemplating. 2) Kemampuan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika sedang adalah cukup reflektif, hal ini berdasarkan hasil tes dan wawancara bahwa siswa mampu memenuhi dua indikator yaitu tingkatan reacting dancomparing. 3) Kemampuan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika rendah adalah kurang reflektif, hal ini berdasarkan hasil tes dan wawancara bahwa siswa hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu tingkatan reacting saja.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Harum Sari 17204163046 |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 06:06 |
Last Modified: | 31 May 2021 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15886 |
Actions (login required)
View Item |