Octaviana, Mimin (2014) Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi GeoGebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pythagoras Kelas VIII-A Di SMP Negeri 2 Bakung Blitar. [ Skripsi ]
|
Text
Bagia Awal.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Bagian Inti.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Aplikasi GeoGebra, Hasil Belajar. Penelitian ini didasari oleh rendahnya nilai matematika siswa yang sulit mencapai kriteria ketuntasan minimum, masih digunakannya metode konvensional dalam proses pembelajaran serta perkembangan teknologi yang kurang dimanfaatkan oleh pendidik sebagai media. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika melalui aplikasi GeoGebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Pythagoras kelas VIII-A SMP Negeri 02 Bakung?, (2) Apakah penerapan pembelajaran matematika melalui aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 02 Bakung ? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran matematika melalui aplikasi GeoGebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Pythagoras kelas VIII-A SMP Negeri 2 Bakung. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran matematika melalui aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Bakung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus PTK. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 2 Bakung Blitar pada semester genap tahun 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah tes, observasi dan catatan lapangan. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika menggunakan aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMPN 2 Bakung Blitar. Tahap-tahap pada proses penerapan pembelajaran matematika menggunakan aplikasi GeoGebra meliputi: pemaparan materi, pemberian masalah, memahami masalah, menyelesaikan masalah, memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Hasil belajar siswa dengan penerapan xiv aplikasi GeoGebra menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada post test 1 79,5 naik menjadi 88,0 pada post test 2. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi Pythagoras kelas VIII-A Di SMP Negeri 2 Bakung Blitar tahun 2013/2014.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 13 Nov 2014 02:18 |
Last Modified: | 13 Nov 2014 02:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/159 |
Actions (login required)
View Item |