VRISCA DWI WULANDARI, 17201163360 (2020) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANTARA LULUSAN SD DAN MI SISWA KELAS VII DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (946kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (845kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (693kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (605kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (635kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (408kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al Qur’an antara Lulusan SD dan Lulusan MI Siswa Kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ditulis oleh Vrisca Dwi Wulandari, NIM. 17201163360, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Lulusan SD, Lulusan MI Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Dalam pendidikan agama Islam, Al-Qur’an dan Al-Hadis adalah dua sumber yang dijadikan sebagai landasan umat Islam. Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi semua pihak untuk terus dan terus memasyarakatkan Al-Qur’an, memahami, dan mempelajarinya. Maka, seorang muslim harus memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an. Permasalahan yang akan di uji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an lulusan SD siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an lulusan MI siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (3) Adakah perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan SD dan MI siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan membaca Al-Qur’an lulusan SD siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (2) Untuk mendiskripsikan kemampuan membaca Al-Qur’an lulusan MI siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (3) Untuk mendiskripsikan perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an lulusan SD dan lulusan MI siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah desain factorial. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dengan jumlah peserta didik 73 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan menggunakan disproportionate purpous random sampling, sehingga peneliti mengambil 41 siswa yang lulusan SD dan 20 siswa yang lulusan MI. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas (X) yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an dan variabel terikat yaitu (Y₁) lulusan SD dan (Y₂) lulusan MI. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan. Analisis data menggunakan uji reliabilitas interrater dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD, berdasarkan hasil penelitian termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan diketahui rata-ratanya adalah 7,000 (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI, berdasarkan hasil penelitian termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan diketahui rata-ratanya adalah 8,150 (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil uji t-test nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antarasiswa lulusan SD dan siwa lulusan MI pada kemempuan membaca Al-Qur'an sis’a kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | VRISCA DWI WULANDARI 17201163360 |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 03:54 |
Last Modified: | 07 May 2021 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15923 |
Actions (login required)
View Item |