AINUN JARIYAH, 17204163147 (2020) GESTURE MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIAKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (750kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (876kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (444kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (416kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Gesture Matematis Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Ainun Jariyah, NIM. 17204163147, Pembimbing : Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Gesture, Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Gesture matematis merupakan gerakan yang dilakukan seseorang baik pada tangan dan lengan saat sedang berbicara dan ditunjukkan secara disengaja yang berhubungan dengan matematika. Gesture merupakan bagian dari komunikasi yang bersifat non-verbal. Komunikasi sendiri dalam pembelajaran itu sangatlah penting supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, begitupun dengan gesture. Dengan gesture siswa dapat menjelaskan suatu konsep lebih jelas atau saat dihadapkan dalam suatu masalah. dalam memecahkan masalah matematika gesture yang ditunjukkan oleh siswa sangat beragam. Gesture menurut Mc Neill dibagi menjadi 3 jenis yaitu gesture ikonik, gesture metaforik, gesture deiktik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan gesture ikonik, gesture metaforik, gesture deiktik siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel di MTsN 8 Tulungagung. Sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran singkat tentang gesture matematis yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah MTsN 8 Tulungagung. Pemilihan subjek didasarkan pada kemampuan siswa yaitu 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemapuan sedang, 2 siswa berkemampuan rendah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Tehnik analisi data yang digunakan yaitu transkripsi, segmentasi, pengkodean, pengkategorisasian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajekan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian ini diperoleh suatu gambaran tentang gesture yaitu (1) Siswa yang berkemampuan tinggi dapat menunjukkan penggunaan gesture ikonik, gesture metaforik, dan gesture deiktik dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel memenuhi indikator gesture dalam pemecahan masalah. (2) Siswa yang berkemampuan sedang dapat menunjukkan penggunakan gesture metaforik lebih sedikit dari gesture ikonik dan paling banyak menggunakan gesture deiktik memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel dan indikator gesture cukup terpenuhi dalam pemecahan masalah. (3) Siswa yang berkemampuan rendah menunjukkan penggunakan gesture deiktik lebih banyak sedangkan gesture metaforik dan gesture ikonik sama banyaknya saat memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel dan indikator gesture masih kurang terpenuhi dalam pemecahan masalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | AINUN JARIYAH 17204163147 |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 06:20 |
Last Modified: | 31 May 2021 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15949 |
Actions (login required)
View Item |