Analisis Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung

Purwanto, Edi (2014) Analisis Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
2.bagian awal skripsi.docx

Download (51kB)
[img] Text
1.cover.docx

Download (230kB)
[img] Text
3.SKRIPSI SIAP Kumpulkan OKE.docx

Download (37MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Analisis, Kreativitas, Menyelesaikan Soal, Matematika, Bilangan Berpangkat. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kreativitas diakui sebagai faktor utama yang dapat memberdayakan fungsi manusia dengan mensintesis interaksi antara kekuatan intelektif, emotif, dan motivasional. Pada perwujudan diri pribadi maupun untuk kelangsungan hidup bangsa dan negara, kebutuhan akan kreativitas dirasakan dalam semua aspek kehidupan manusia. Dalam masa pembangunan dan era globalisasi ini setiap individu dituntut untuk memperluas cakrawala mentalnya agar mampu menghadapi tantangan-tantangan masa depan. Pengembangan potensi kreatif yang pada dasarnya ada pada setiap orang, terlebih mereka yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa, perlu dimulai sejak usia dini. Dalam hal ini peneliti melakukan analisis terhadap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya materi bilangan berpangkat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk Mendeskripsikan Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi anak didik sebagai bekal pengetahuan agar lebih meningkatkan kreativitas dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Bagi guru membarikan motivasi untuk lebih peka terhadap suatu perkembangan kreativitas anak didik dengan materi tertentu. Sehingga dapat mencari cara yang mudah dalam penyampaian materi dan dapat diserap anak didik dengan baik. Pada akhirnya guru akan lebih terbiasa untuk berinovasi dalam mengelola proses pembelajaran. Bagi SMK PGRI 1 Tulungagung, sebagai masukan untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika agar bisa menghasilkan output pendidikan yang berkompeten, memiliki kreativitas dalam menyelesaikan permasalahan, dan pada akhirnya mampu memberikan perubahan dengan tindakan yang positif terhadap kemajuan bangsa dan Negara. Bagi pembaca/ peneliti lain sebagai bahan masukan atau referansi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti sebagai pengamat penuh dalam penggalian data, yaitu dengan observasi, tes, dan wawancara. Temuan penelitian mengenai Analisis Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat pada Kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung yang paling dominan kreativitas tingkat 1. Untuk siswa berkemampuan tinggi yang cakap materi dan komunikasi mencapai kreativitas Tingkat 3. Siswa berkemampuan tinggi yang cakap materi mencapai kreativitas Tingkat 1. Siswa berkemampuan sedang yang cakap materi dan komunikasi mencapai kreativitas Tingkat 1. Siswa berkemampuan sedang yang cakap materi mencapai kreativitas Tingkat 1. Kreativitas tertinggi mencapai tingkat 3, dan komponen kreativitas yang sering peneliti temukan untuk mencapai tingkat 3 dari beberapa siswa yaitu kefasihan dan fleksibilitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Nov 2014 02:25
Last Modified: 13 Nov 2014 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item