DYAS ASTYA PUTRI, 17205163010 (2020) PENERAPAN METODE TALQIN PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI MANBA’UL ‘ULUM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI .pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Talqin pada Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an di MI Manba‟ul „Ulum Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Dyas Astya Putri, NIM 17205163010, Pembimbing Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Metode Talqin, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga atau sekolah yang mengadakan program pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an, salah satunya MI Manba‟ul Ulum Rejotangan Tulungagung. Program ini memiliki tujuan untuk mencetak lulusan penghafal Al-Qur‟an. Dalam pembelajaran Tahfidz Al- Qur‟an ini menggunakan metode talqin. Hal ini dilakukan untuk mempermudah menghafal Al-Qur‟an sesuai target hafalan program tersebut yaitu 1 juz selama 1 tahun. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Mengapa diterapkan metode talqin pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an di MI Manba‟ul „Ulum Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana proses penerapan metode talqin pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an di MI Manba‟ul „Ulum Rejotangan Tulungagung? (3) Apa hasil dari penerapan metode talqin pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an di MI Manba‟ul „Ulum Rejotangan Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui alasan diterapkannya metode talqin pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an di MI Manba‟ul „Ulum Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mrngetahui proses penerapan metode talqin pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an di MI Manba‟ul „Ulum Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mengetahui hasil dari penerapan metode talqin pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an di MI Manba‟ul „Ulum Rejotangan Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari person (orang), place (tempat), paper (kertas) yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan, triangulasi data (sumber, metode, dan waktu). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Alasannya menggunakan metode talqin ini untuk mempermudah anak-anak dalam menghafal Al-Qur‟an. (2) Dalam proses penerapan metode talqin pada pembelajaran tahfidz Al- Qur‟an ini meliputi dari pelaksanaan, tahapan-tahapan pembelajaran, dan evaluasi (setoran). (3) Hasil dari penerapan metode talqin pada pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an yaitu anak-anak banyak yang hafalannya semakin bagus dan lancar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | DYAS ASTYA PUTRI 17205163010 |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 04:10 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16188 |
Actions (login required)
View Item |