IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD REZA PAHLEVI, 1721143285 (2020) IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tulungagung” penelitian ini ditulis oleh Muhammad Reza Pahlevi, NIM.1721143285, pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag. Kata kunci : Budaya Religius, Karakter, Peserta Didik Penelitian ini di latarbelakangi adanya keprihatinan mulai memudarnya sikap sopan santun dan nilai keagamaan. Sekolah merupakan tempat internalisasi budaya religius kepada peserta didik, supaya peserta didik mempunyai benteng yang kokoh untuk membentuk karakter yang luhur yakni berakhlakul karimah. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana budaya religius yang diterapkan dalam membentuk karakter peserta didik SMAN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana dampak pelaksanaan budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 1 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini, (1) Untuk mendiskripsikan nilai budaya religius melalui penguatan pendidikan karakter yang diterapkan dalam membentuk karakter peserta didik SMAN 1 Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan dampak pelaksanaan budaya religius melalui penguatan pendidikan dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 1 Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan evaluasi pelaksanaan budaya religius melalui penguatan pendidikan dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 1 Tulungagung. Metode Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan data primer diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan tahap akhir penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan dengan mengurus surat izin penelitian, tahap pekerjaan lapangan melakukan observasi dan wawancara, tahap analisis data dan tahap penyelesaian dengan menyusun menjadi skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMAN 1 Tulungagung menerapkan budaya religius melalui kegiatan (1) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah berlangsung selama ini melalui program kajian perempuan, kajian keagamaan, khataman Al Quran, maupun yasinan. (2) Doa bersama sebelum pelajaran dimulai, infaq atau tali asih, kantin kejujuran. (3) Peringatan Hari BesarIslam (PHBI) yang sudah terlaksana, kegiatan tersebut merupakan wujud dari visi dan misi SMAN 1 Tulungagung. Kegiatan ini didukung oleh seluruh warga sekolah, melalui kegiatan PPK peserta didik menjadi lebih tawadhu’ serta dibimbing langsung oleh Pembina (Guru Pendidikan Agama Islam) selanjutnya diterapkan absensi untuk memudahkan mengetahui jumlah partisipasi peserta didik, bagi yang tidak mengikuti akan ada sanksi berupa menulis surat pendek dan ayat kursi, ataupun mengaji sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Reza Pahlevi 1721143285
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:10
Last Modified: 21 Jan 2021 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16283

Actions (login required)

View Item View Item