PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MAFATIHUL ULUM BALESONO NGUNUT TULUNGAGUNG

andriana, yuni (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MAFATIHUL ULUM BALESONO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
Sampul depan.pdf

Download (910kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” yang ditulis oleh Yuni Andriana, NIM. 3217113107, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing: Musrikah, M. Pd. Kata kunci : Metode, Guided Inquiry, Hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah yang biasanya kita temui siswa-siswi mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran Matematika. Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, melakukannya, dan menemukannya. Bukan hanya itu, siswa perlu mengerjakannya, yakni menyelesaikan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan metode mengajar yang tepat dan efektif. Metode pembelajaran Guided Inquiry sebagai salah satu metode belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif dan menyenangkan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi luas trapesium dan luas layang-layang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran guided inquiry pada mata pelajaran Matematika materi Luas Bangun Datar semester II pada siswa kelas V di MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran guided inquiry pada mata pelajaran Matematika materi Luas Bangun Datar semester II kelas V di MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menjelaskan penerapan metode Pembelajaran Guided Inquiry pada mata pelajaran Matematika materi Luas Bangun Datar semester II siswa kelas V di MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung. 2) Untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Guided Inquiry pada mata pelajaran Matematika materi Luas Bangun Datar semester II kelas V di MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Mafatihul Ulum tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 11 siswa. Instrument yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari keseluruhan siswa yang mengikuti tes telah mencapai KKM. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok luas trapesium dan luas layang-layang siswa kelas V MI Mafatihul Ulum Ngunut Tulungagung. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata hasil pre test 44.54, pada siklus I menjadi 68,18, dan pada siklus II naik menjadi 90.91. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 9.09 %, pada siklus I menjadi 63.64 % dan pada siklus II naik menjadi 90.91 %. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran berdasarkan paparan data, temuan peneliti, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Guided Inquiry dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Adapun langkah-langkah penerapan metode pembelajaran tersebut adalah : 1) Identifikasi dan klarifikasi persoalan, 2) Membuat hipotesis, 3) Mengumpulkan data, 4) Menganalisis data, dan 5) Mengambil kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: YUNI ANDRIANA
Date Deposited: 25 Jun 2015 04:09
Last Modified: 25 Jun 2015 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item