PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENJUAL PAKAN AYAM DENGAN MENERAPKAN SISTEM DENDA TERHADAP PEMBELI DALAM PRESPEKTIF KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA DAN FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Jual Beli ditoko Dunia Ternak Desa Karang Penang Oloh Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang)

KHUSEYRI, 17101163117 (2020) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENJUAL PAKAN AYAM DENGAN MENERAPKAN SISTEM DENDA TERHADAP PEMBELI DALAM PRESPEKTIF KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA DAN FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Jual Beli ditoko Dunia Ternak Desa Karang Penang Oloh Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

xiii ABSTRAK Khuseyri, 17101163117, Perlindungan Hukum Bagi Penjual Pakan Ayam Dengan Menerapkan Sistem Denda Terhadap Pembeli Dalam Prespektif Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan Fiqih Muamalah (Studi Kasus Jual Beli ditoko Dunia Ternak Desa Karang Penang Oloh Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Moh. Ali Abdul Shomad V.E.A, S.Ag., M.PdI., Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Fiqih Muamalah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kerugian yang harus ditanggung oleh pelaku usaha dalam jual beli dengan sistem denda, sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji dan menganalisis bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap Penjual yang menyediakan sistem denda ditoko Dunia Ternak Desa Karang Penang Oloh Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang Menurut Kitab Undang Undang Hukum Perdata dan Fiqih Muamalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana praktik jual beli pakan ayam dengan sistem denda terhadap pembeli ditoko Dunia Ternak Desa Karang Penang Oloh Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang (2) Bagaimana Perlindungan Hukum bagi Penjual pakan ayam dalam praktik jual beli dengan sistem denda terhadap pembeli ditoko Dunia Ternak Desa Karang Penang Oloh Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang Menurut Kitab Undang Undang Hukum Perdata dan Fiqih Muamalah. Hasil penelitian dapat disimpulan bahwa: (1) Praktik jual beli dengan sistem denda terhadap pembeli Desa Karang Penang Oloh Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang berupa pemberian sanksi/denda sebagai hukuman supaya pembeli tidak menunda-nunda kewajibanya sebagai pembeli. (2) Perlindungan hukum bagi pelaku usaha Menurut KUHPer dalam praktik jual beli pakan ayam dengan sistem denda Desa Karang Penang Oloh Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang pelaku usaha memberi hukuman beberapa upaya hukum berupa pemberian sanksi/denda kepada pembeli. Upaya yang dilakuan pelaku usaha tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam pasal 1246 KUH Perdata tentang ganti rugi karena wanprestasi ataupun pasal 1365 KUH Perdata mengenai ganti rugi. (3) Perlindungan hukum bagi Penjual dalam praktik jual beli pakan ayam dengan sistem denda yang diterapkan pelaku usaha tersebut tidak sesuai dengan Fiqih Muamalah. Dalam tindakan penambahan harga barang saat pembayaran yang ditunda oleh pihak pembeli kepada pihak penjual. Penambahan harga tersebut meskipun sudah ada kesepakatan antara penjual dan pembeli itu termasuk riba Nasiah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163117 KHUSEYRI
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:03
Last Modified: 07 Sep 2020 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16377

Actions (login required)

View Item View Item